Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Peluang Bisnis

5 Cara Bisnis Dapat Mengelola Arus Kas Lebih Baik

57
×

5 Cara Bisnis Dapat Mengelola Arus Kas Lebih Baik

Share this article
5 Cara Bisnis Dapat Mengelola Arus Kas Lebih Baik

Keberhasilan bisnis jangka panjang hanya mungkin dicapai dengan manajemen arus kas yang efektif. Mampu menjalankan bisnis Anda dengan lancar tanpa perlu terus menerus meminjam uang yang tidak dapat Anda lunasi adalah satu-satunya cara agar bisnis Anda dapat bertahan, terutama pada tahap awal pertumbuhan.

Jika Anda tahu sudah waktunya Anda belajar mengelola arus kas Anda dengan lebih baik, berikut adalah 5 tip untuk mengarahkan Anda ke arah yang benar:

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Sesuaikan Persyaratan Faktur untuk Mempercepat Pembayaran

Mengejar faktur bisa menjadi mimpi buruk, terutama jika Anda sering berurusan dengan pembayar terlambat. Jika Anda menagih dari platform khusus seperti PayPal, atau bahkan jika Anda membuatnya sederhana dan menggunakan template Word, Anda dapat menyesuaikan persyaratan faktur untuk meminta agar faktur dilunasi dalam jangka waktu tertentu. Jika tidak, beberapa platform akan secara otomatis mengingatkan klien tentang pembayaran.

Menawarkan Diskon

Semua orang menyukai diskon, dan terlebih lagi dalam bisnis. Cobalah menawarkan diskon dibayar di muka penuh untuk mendorong klien Anda melakukan pembayaran sekaligus lebih cepat dan menyelamatkan Anda dari frustrasi menunggu uang Anda. Meskipun itu berarti menerima sedikit uang secara total, manfaat menerima pembayaran instan biasanya cukup untuk menebusnya.

Utang Konsolidasi

Jika Anda memiliki banyak kartu kredit dan pembayaran pinjaman saat bepergian, mungkin lebih masuk akal untuk menggabungkan semuanya menjadi satu pembayaran dengan bunga lebih rendah, yang dikenal sebagai konsolidasi utang. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah melunasi hutang Anda, bukan hanya karena lebih teratur, tetapi karena bunga yang lebih rendah berarti lebih sedikit yang harus dibayar.

Masukkan Harga Pokok Pada Kartu Kredit

Tidak ada masalah dengan menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang Anda jika Anda mengalami periode pendapatan finansial yang lebih rendah. Faktanya, ini adalah cara termudah untuk menjaga bisnis Anda tetap berjalan sebagaimana mestinya tanpa harus berkompromi dengan kualitas produk atau layanan Anda. Pastikan Anda melunasi kartu kredit Anda setiap bulan karena tagihan dapat dengan cepat menumpuk hingga sesuatu yang kurang dapat dikelola.

Minta Diskon Penuh Dari Vendor

Sama seperti Anda dapat menawarkan diskon penuh kepada klien Anda, ada baiknya meminta vendor Anda memberikan diskon penuh untuk pembelian Anda sendiri. Misalnya jika Anda ingin membeli asuransi untuk staf Anda, maka Anda ingin mengetahui berapa biaya asuransi dan kemudian meminta diskon pembangunan. Bahkan jika mereka umumnya tidak menawarkan diskon seperti itu, vendor mungkin dengan senang hati menawarkannya kepada Anda jika itu berarti Anda akan lebih cepat melakukan pembayaran, yang menciptakan situasi saling menguntungkan bagi Anda berdua.