Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Travel

Bukit Lambosir, Wisata Alam Tersembunyi di Kuningan yang Kaya Pesona

24
×

Bukit Lambosir, Wisata Alam Tersembunyi di Kuningan yang Kaya Pesona

Share this article
Bukit Lambosir, Wisata Alam Tersembunyi di Kuningan yang Kaya Pesona

Jelajahi Bukit Lambosir di Kuningan, sebuah destinasi wisata alam tersembunyi yang menawarkan keindahan alam yang kaya pesona dan pemandangan memukau.

Gunung Ciremai penuh dengan lokasi wisata yang tidak bisa dianggap remeh. Salah satu yang cukup memberi tantangan adalah Bukit Lambosir yang dikenal akan jalur off-roadnya yang seru.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Jalanan terjal dan penuh bebatuan di Kawasan taman Nasional gunung Ciremai ini justru menarik para turis. Tapi apa sih yang ditawarkan oleh tujuan wisata alam yang satu ini?

Daya Tarik Wisata Bukit Lambosir

Daya Tarik Wisata Bukit Lambosir
Foto: Twitter/Scepticism

1. Punya Jalur Offroad yang Menantang

Aktivitas trabas hutan dengan motor trail dan mobil offroad bisa dilakukan di lokasi wisata alam cantik yang satu ini. Hal tersebut karena ada jalur offroad yang disebut sebut lebih menantang.

Bahkan, ada yang menyebut jalur di bukit ini sebagai Yamaha Forest karena masuk di dalam area kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai yang disponsori oleh Yamaha. Pengalaman off road tersebut sebenarnya muncul dari jalur menuju bukit yang masih belum cukup baik.

Jalanan terjal menanjak dengan dataran penuh batu menjadikannya tantangan seru bagi para penggemar off road. Sayangnya, saat ini rute perjalanan menuju Bukit Lambosir sudah lebih baik. Jadi pengalaman offroad sedikit demi sedikit berkurang.

2. Pemandangan Gunung Ciremai Memikat Hati

Lokasi bukit ini sendiri ada di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuat pengunjung mendapat suguhan pemandangan alam yang masih asri dari atas bukit.

Hamparan hijau gunung Lambosir memenuhi mata. Campuran semak, hutan, pematang sawah, pohon dan permukiman terdekat memberi tampilan bak lukisan.

3. Spot Foto unik

Dengan keindahan alam sejauh mata memandang tentunya lokasi kemah dan wisata alam ini penuh dengan spot foto cantik.

Spot foto unik cantik tersebut bisa dikatakan masih 100% alami, yakni berupa pemandangan hijau yang tidak tergantikan.

Di bukit tempat berkemah ini juga terdapat empat bebatuan besar yang diberi nama Batu Kembang, Batu Macan, dan Batu Gajang.

4. Area Favorit Bumi Perkemahan

Tidak bisa dipungkiri jika keindahan alamnya dan lokasinya yang ada di kawasan Taman Nasional membuatnya ideal untuk tempat camping atau berkemah.

Lokasi ini memang tidak bisa terlepas dengan kemampuan memberi lokasi berkemah yang estetik dan nyaman. Bahkan, pengelola tujuan wisata alam ini juga sudah menyediakan fasilitas yang baik untuk para penginap.

5. Suasana Hutan Asri Asli Gunung Ciremai

Salah satu alasan tambahan mengapa Gunung Ciremai ini jadi lokasi favorit berkemah adalah karena suasananya. Hutan TNGC dinilai masih asri, tenang, dan juga rindang.

Pepohonan dan area sekitarnya pun dijaga sedemikian rupa. Alhasil memberi suasana maksimal untuk menenangkan diri, menghilangkan penat, dan menghirup udara segar pegunungan.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Bukit cantik nan alami ini ada di Setianegara, Cilimus, Randobawagirang, Kuningan. Untuk mencapai lokasi butuh waktu sekitar 1 jam melalui rute Linggarjati. Jaraknya pun masih sekitar 19 km dari pusat Kota Kuningan.

Rute ini dimulai dengan menuju ke gerbang Desa Setianegara hingga mencapai titik pemukimannya. Dari pemukiman Setianegara, Anda masih perlu berkendara melalui jalan naik ke atas bukit selama kurang lebih 15 menit (berkendara).

Bisa juga berjalan dan mengikuti jalur trekking yang memakan waktu sekitar 1 jam 40 menit. Beruntungnya, jalan tersebut sudah diperbaiki dan lebih mulus serta nyaman untuk dilewati. Sesampainya di lokasi, biaya untuk tiket masuk mulai dari Rp 15 ribuan per orang.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan
Foto: Facebook/Rumli Nasution

1. Berkemah di Kawasan Bukit Lambosir

Kemah di area gunung Ciremai memang bukan hal yang asing lagi. Lokasi wisata yang ada di tengah hutan ini pun kerap jadi tujuan para penggemar camping dan kemah.

Di lokasi ini, para pengunjung diperbolehkan untuk menyalakan api unggun. Opsi yang diberikan pun sudah bertambah. Anda bisa berkemah menggunakan tenda atau di villa terdekat.

2. Trekking

Salah satu aktivitas yang cocok untuk para pecinta alam dan penggemar adventure adalah trekking. Bukit cantik dan tidak terlalu curam ini punya rute trekking sepanjang 500 meter dari perkampungan warga hingga ke puncak.

Ide ini tidak akan kalah seru dengan aktivitas offroad menggunakan kendaraan. Bahkan, bisa menjadi olahraga.  Perjalanan trekking dari bukit ini dimulai di tempat parkir dekat pemukiman warga. Anda nantinya harus mengikuti rute trekking yang berkelok dan menanjak.

Karena jalanan trekking sering digunakan juga untuk trek motor, maka jalurnya cukup unik dan menantang. Selagi berjalan menuju puncak, Anda juga akan disuguhi pemandangan sekeliling yang indah dan alami.

3. Bersantai Dan Menghilangkan Penat

Tidak ada salahnya menikmati waktu saat berada di lokasi tujuan. Anda yang ingin bersantai bisa menikmati pemandangan yang indah dan suasana hutan yang menyegarkan.

Suara hembusan angin yang disahut dengan cuitan burung akan menggantikan ramainya suara perkotaan. Bahkan, bisa jadi Anda punya kesempatan untuk melihat Elang Jawa yang dilindungi.

Aktivitas bersantai dan menenangkan hati pun bisa terlaksana dengan baik karena dukungan fasilitas dan peraturannya. Anda bisa menyewa saung untuk beristirahat bersama keluarga dan kawan perjalanan.

Hangatnya api unggun, kesegaran angin dan hawa sejuknya cocok untuk menghilangkan penat akan kerja dan hidup perkotaan.

Fasilitas yang Ditawarkan Bukit Lambosir

Untuk sebuah tujuan wisata alam di tengah gunung, Bukit Lambosir ini sudah memiliki fasilitas yang cukup. Setidaknya, sudah terdapat toilet dan kebutuhan umum.

Ada pula fasilitas vila jenis panggung untuk menginap. Ada pula saung atau pendopo untuk bersantai dan beristirahat. Tapi akan ada tarikan biaya sekitar Rp 35 ribuan.

Dari informasi yang sudah diberikan, tujuan wisata alam di Gunung Ciremai ini bisa jadi andalan bagi para penggemar aktivitas luar ruangan.

Anda bisa trekking, off road, camping, atau sekedar mampir dan menikmati segarnya alam perbukitan tinggi. Semuanya bisa Anda temukan di Lambosir yang tenang dan seru.