Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Peluang Bisnis

10 Ide Bisnis Mahasiswa yang Mudah, Ada Juga Tanpa Modal

64
×

10 Ide Bisnis Mahasiswa yang Mudah, Ada Juga Tanpa Modal

Share this article
10 Ide Bisnis Mahasiswa yang Mudah, Ada Juga Tanpa Modal

Di era yang serba digital dan penuh inovasi ini, peluang untuk memulai bisnis semakin terbuka lebar, terutama bagi para mahasiswa yang penuh dengan kreativitas dan semangat.

Tidak harus dengan modal besar, banyak ide bisnis yang bisa dimulai dengan sumber daya yang terbatas atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Artikel ini akan menggali lebih dalam tentang berbagai ide bisnis yang tidak hanya mudah dijalankan oleh mahasiswa, tapi juga menjanjikan dalam hal keuntungan dan pengembangan keterampilan.

Dari usaha yang berbasis digital hingga pemanfaatan bakat dan hobi, kami akan membahas beragam opsi yang bisa menjadi inspirasi bagi para mahasiswa untuk memulai perjalanan wirausahanya.

Rekomendasi Ide Bisnis Mahasiswa yang Mudah

Berikut adalah beberapa ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa seperti Anda. Sebelum memutuskan untuk memulai, penting untuk mengevaluasi sumber daya yang Anda miliki dan minat Anda agar bisnis yang dipilih benar-benar sesuai dengan situasi dan kondisi ideal Anda.

1. Dropshipper

Beralih ke dunia dropshipping bukan lagi tentang menggelontorkan modal besar di awal. Sebagai seorang dropshipper, Anda bisa memulai tanpa mengeluarkan sepeser pun.

Konsepnya sederhana: Anda hanya perlu mengambil pesanan dari pelanggan dan meneruskannya kepada toko atau individu yang menjual barang.

Bisnis dropshipping semakin populer seiring dengan perkembangan jual-beli online. Bagi pemula di bisnis online shop, menjadi dropshipper tidak hanya menghasilkan keuntungan finansial, tetapi juga pengalaman berharga.

Kepercayaan menjadi kunci utama kesuksesan di dunia ini. Peran dropshipper melibatkan interaksi antara penjual, dropshipper, dan pembeli, di mana keuntungan dibagi sesuai kesepakatan.

2. Selebgram dan Endorser

Jadi selebgram melalui platform seperti Instagram dan Youtube adalah peluang bisnis menguntungkan. Tanpa modal besar, Anda dibayar untuk mengendorse produk-produk orang lain.

Istilah “selebgram” baru-baru ini populer di Indonesia, menawarkan peluang penghasilan melalui media sosial yang belum terbayangkan sebelumnya. Selebgram bergantung pada jumlah pengikut atau pelanggan di platform media sosial.

Membangun basis pengikut memerlukan waktu, tetapi menjadi selebgram atau endorser memungkinkan Anda mudah mempromosikan produk dan layanan.

Endorsement tidak hanya membawa keuntungan finansial, tetapi juga dapat memperoleh produk secara gratis untuk dijual kembali atau dibagikan.

3. Makelar Properti Online

Makelar Properti Online
Foto: Unsplash/Tierra Mallorca

Menjadi makelar properti online adalah profesi menjanjikan yang berkembang seiring teknologi. Berbeda dengan era sebelumnya, sekarang Anda dapat bekerja dari balik meja dengan memanfaatkan situs listing properti online.

Kontak dengan calon pembeli dapat dilakukan melalui media sosial atau WhatsApp, memfasilitasi proses follow-up. Kunci kesuksesan dalam menjadi makelar properti online adalah kemampuan berbicara untuk mempromosikan properti tanpa berlebihan.

Dengan adanya WhatsApp versi web, menjawab pesan menjadi lebih mudah. Keuntungan yang didapat sebagai makelar tergantung pada persentase komisi yang diberikan oleh konsumen atau perusahaan properti, tanpa memerlukan modal awal.

4. Jasa Pencari Tiket Murah

Liburan adalah kebutuhan, dan menyediakan tiket murah melalui media online dapat menghasilkan keuntungan.

Jasa pencari tiket murah memberikan manfaat ganda, tidak hanya bagi Anda tetapi juga bagi agen travel yang mendapatkan konsumen dengan mudah. Transaksi dapat dilakukan secara online, membantu orang yang kesulitan menggunakan aplikasi online.

Anda dapat menjadi perantara untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan membelikan tiket murah secara online. Tanpa perlu biaya transportasi dari agen travel ke konsumen, bisnis jasa pencari tiket murah dapat dijalankan dengan mudah dari rumah.

5. PO Aksesoris Custom

Sistem pre-order atau PO adalah pilihan bisnis minim risiko tanpa modal awal. Dalam bisnis aksesoris custom, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk produksi karena konsumen memesan terlebih dahulu.

Setelah produk selesai, konsumen melakukan pembayaran. Sistem pembayaran bisa dilakukan dengan beberapa cara sesuai kebijakan, seperti pembayaran dp di awal dan pelunasan di akhir.

6. Jasa Desain Grafis

Memanfaatkan keterampilan dalam desain grafis dapat menjadi sumber penghasilan yang baik.

Menawarkan jasa desain grafis untuk logo, kartu nama, poster, atau desain interior dapat dilakukan dengan modal keterampilan dan peralatan yang dibutuhkan. Bisnis ini dapat dijalankan dengan modal PC atau laptop, koneksi internet, dan situs blog.

7. Blogger

Blogger
Foto: Unsplash/Algoleague

Menjadi blogger adalah bisnis yang memanfaatkan hobi menulis dan membutuhkan modal berupa PC atau laptop, koneksi internet, dan situs blog. Pendapatan dapat diperoleh melalui pemasangan iklan, kerja sama dengan merek tertentu, serta penjualan produk atau jasa di blog.

8. Ternak Ikan

Bisnis ternak ikan, baik ikan hias maupun konsumsi, memiliki potensi keuntungan besar. Jenis ikan yang dipilih dapat disesuaikan dengan selera pasar. Bisnis ini dapat dimulai dalam skala kecil di halaman rumah, dengan pengetahuan tentang selera pasar dan jenis ikan yang diminati.

9. Jasa Servis Komputer

Bisnis jasa servis komputer cocok untuk mahasiswa jurusan IT yang memiliki keterampilan dalam bidang tersebut. Mahasiswa dapat memanfaatkan kebutuhan akan servis komputer di lingkungan kampus untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

10. Catering

Bisnis catering dapat menjadi pilihan yang tepat, terutama jika memiliki jangkauan dari berbagai kalangan. Dengan menawarkan paket catering yang terjangkau, bisnis ini dapat menarik pelanggan dari berbagai segmen.

Memulai bisnis sebagai mahasiswa bukan hanya tentang mencari penghasilan tambahan, tetapi juga tentang membangun pondasi untuk masa depan yang gemilang.

Ide-ide bisnis yang telah kami bahas menunjukkan bahwa dengan kreativitas, dedikasi, dan pemanfaatan sumber daya yang ada, langkah pertama menuju kesuksesan bisa dimulai dari bangku kuliah.

Semoga artikel ini dapat menginspirasi para mahasiswa untuk mengambil langkah berani dalam dunia wirausaha, mengembangkan keterampilan, dan tentu saja, mewujudkan mimpi mereka.

Ingatlah, setiap bisnis besar hari ini pernah dimulai sebagai ide sederhana. Jadi, mengapa tidak memulainya sekarang?