Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Strategi Bisnis

Mengapa Integrasi Sistem Penting untuk Bisnis Anda

52
×

Mengapa Integrasi Sistem Penting untuk Bisnis Anda

Share this article
Mengapa Integrasi Sistem Penting untuk Bisnis Anda

Teknologi selalu dan terus mengubah lanskap bisnis. Salah satu cara bagaimana teknologi mengubah operasi bisnis adalah integrasi sistem. Integrasi sistem menjadi semakin penting karena memfasilitasi penggunaan teknologi otomasi. Integrasi sistem tidak hanya mempromosikan inovasi teknologi lebih lanjut dalam organisasi, tetapi juga meningkatkan operasi di seluruh papan. Merampingkan produksi, mengurangi biaya, dan memfasilitasi pengambilan keputusan strategis yang lebih baik hanyalah beberapa contoh manfaat yang dapat dibawa oleh integrasi sistem ke bisnis. Panduan ini ada di sini untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang apa itu integrasi sistem dan manfaatnya bagi bisnis Anda.

Apa itu Integrasi Sistem?

Integrasi sistem adalah proses di mana beberapa subsistem atau subkomponen individu digabungkan. Mereka kemudian menghasilkan satu sistem yang lebih besar yang memungkinkan sub-bagian berfungsi bersama.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Mengapa Integrasi Sistem begitu Penting untuk Bisnis?

Integrasi sistem menguntungkan segalanya mulai dari produktivitas hingga biaya operasional. Daftar di bawah ini menguraikan beberapa tentang bagaimana integrasi sistem menguntungkan bisnis untuk menggambarkan betapa pentingnya praktik ini.

Mengurangi Beban Kerja

Alasan paling umum bahwa bisnis mengadopsi integrasi sistem adalah untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas operasi mereka. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengurangi beban kerja karyawan. Integrasi sistem berarti lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk menemukan dan berbagi informasi secara manual di seluruh departemen. Untuk memahami betapa bergunanya hal ini, akan sangat membantu jika ide ini dimasukkan ke dalam konteks. Perangkat lunak penggajian canggih akan secara otomatis menyinkronkan dengan sistem sumber daya manusia lainnya, menghubungkan penggajian, waktu dan penjadwalan, dan manfaat untuk memotong biaya hingga 60%.

Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Informasi sangat penting untuk pengambilan keputusan strategis. Informasi mengurangi ketidakpastian dan memfasilitasi rasionalitas dan pilihan fokus pertumbuhan. Ketika berbagai informasi mudah diakses dari satu lokasi, itu mendorong pengambilan keputusan berbasis informasi. Efek dari pengambilan keputusan yang rasional dapat berdampak pada setiap aspek organisasi ketika digunakan oleh pemilik bisnis dan berbagai departemen yang berbeda.

Pengurangan Biaya Operasional

Dengan menyimpan semua data perusahaan di satu lokasi, ini mengurangi kebutuhan dan biaya pemasangan dan pemeliharaan beberapa sistem. Oleh karena itu, Anda akan menghabiskan lebih sedikit untuk pemecahan masalah dan pemeliharaan TI. Anda juga cenderung membayar lebih sedikit untuk instalasi dan langganan perangkat lunak. Sistem terintegrasi juga cenderung mengurangi kebutuhan Anda akan ruang penyimpanan komputer fisik.

Analisis yang Lebih Baik

Ketika informasi disimpan dalam berbagai sistem yang berbeda, itu perlu diunduh dan dianalisis secara terpisah, membutuhkan lebih banyak waktu dan membuat analisis lebih rentan terhadap kesalahan manusia. Sistem terintegrasi memberikan akses lebih cepat ke data dan angka terkini, yang berarti bahwa proses analisis jauh lebih mudah untuk dikelola. Selain itu, Anda mengurangi kebutuhan akan alat eksternal untuk menganalisis data. Tidak seperti sistem yang terpisah, sistem terintegrasi mempromosikan analisis holistik. Oleh karena itu memudahkan untuk mengidentifikasi pola yang akan sulit dikenali ketika dipindahkan pada beberapa set data.

Potensi Pertumbuhan yang Cepat

Perangkat lunak terintegrasi berarti lebih mudah dari sebelumnya untuk memperluas ke lokasi yang berbeda, merekrut pekerja jarak jauh dan menambahkan saluran penjualan dan pemasaran tambahan. Kemampuan untuk mengakses informasi dari lokasi mana pun kapan pun memungkinkan bisnis untuk memperluas operasinya tanpa perlu waktu lama untuk bertukar informasi dari satu lokasi atau perangkat ke perangkat lainnya secara manual. Ini tidak hanya berarti bahwa Anda dapat meningkatkan skala bisnis Anda dengan lebih cepat, tetapi juga membuat Anda berada di posisi terbaik untuk merespons perubahan. Sistem terintegrasi memfasilitasi kesiapan perubahan organisasi. Dengan ini memungkinkan bisnis Anda untuk merespon dengan cepat dan tepat terhadap perubahan pasar, perubahan rantai pasokan, atau perubahan staf.