Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Pinjaman

10 Jenis Pinjaman Bank BRI untuk Segala Keperluan Anda

28
×

10 Jenis Pinjaman Bank BRI untuk Segala Keperluan Anda

Share this article
10 Jenis Pinjaman Bank BRI untuk Segala Keperluan Anda

Dalam menghadapi berbagai kebutuhan finansial yang terus berkembang, memilih jenis pinjaman yang tepat dapat menjadi kunci penting.

Bank BRI, sebagai salah satu lembaga keuangan terdepan di Indonesia, menawarkan beragam jenis pinjaman yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, baik untuk keperluan pribadi, bisnis, maupun investasi.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga pinjaman multiguna, pilihan yang tersedia sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda.

Artikel ini akan membahas secara rinci berbagai jenis pinjaman yang ditawarkan oleh Bank BRI, lengkap dengan fitur dan keunggulannya, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan keperluan Anda.

Jenis Pinjaman Bank BRI

Pinjaman BRI itu banyak jenisnya dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan maupun budget kamu. Lantas, apa sajakah jenis-jenis pinjaman dari Bank BRI? Ini dia informasinya.

1. Briguna Karya

Briguna Karya merupakan pinjaman BRI berbasis tanpa agunan alias KTA. Pinjaman ini diberikan pada calon nasabah yang ingin membiayai berbagai keperluannya, mulai dari pendidikan, renovasi rumah, hingga biaya pernikahan.

Namun, tidak semua orang bisa mengajukan pinjaman Briguna Karya. Pasalnya, pinjaman ini hanya ditujukan bagi calon nasabah yang memiliki sumber penghasilan tetap.

Keuntungan:

  • Proses cepat dan persyaratan mudah.
  • Suku bunga kompetitif dan biaya pengajuan rendah.
  • Cicilan ringan.
  • Limit kredit tidak terbatas.
  • Bertabur promo dan program menarik.
  • Dilengkapi asuransi jiwa hingga Rp500 juta.
  • Jangka waktu pinjaman hingga 15 tahun.

2. KPR BRI

KPR BRI
Foto: Facebook/BANK BRI

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR BRI adalah salah satu jenis pinjaman Bank BRI untuk pembelian properti. Selain rumah, fasilitas pinjaman Bank BRI ini bisa digunakan untuk pembelian apartemen.

Bagi kamu yang ingin meminjam uang dari BRI untuk membeli properti, kamu diwajibkan membayar uang muka minimal 10 persen.

Jangka waktu pinjaman paling lama 20 tahun. Fasilitas ini gak cuma untuk beli properti baru, tetapi juga bisa untuk bangunan bekas, renovasi, pembangunan rumah baru, dan take over dari bank lain.

3. BRIguna Pendidikan

Memberikan fasilitas pembiayaan untuk pendidikan, akan tetapi hanya bisa dimanfaatkan jika kamu akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3. Maka sebelum mengajukan pinjaman, kamu harus mempunyai penghasilan tetap terlebih dahulu.

4. Briguna Purna

Hampir serupa dengan Briguna Karya, pinjaman BRI selanjutnya adalah Briguna Purna. Pinjaman ini diberikan kepada yang telah pensiun, dimana sumber pembayarannya sendiri diambil dari dana pensiun calon nasabah.

Keuntungan:

  • Proses cepat dan persyaratan mudah.
  • Suku bunga kompetitif dan biaya pengajuan rendah.
  • Cicilan ringan.
  • Limit kredit tidak terbatas.
  • Dilengkapi asuransi jiwa hingga Rp500 juta.
  • Jangka waktu pinjaman hingga 15 tahun.

5. KPRS BRI

KPRS BRI adalah salah satu jeni pinjaman BRI untuk kepemilikan rumah subsidi. Fasilitas ini hanya bisa diterima calon peminjam yang masuk kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yaitu kurang dari Rp4 juta setiap bulannya.

Sekadar informasi, KPR Subsidi ini memberikan bunga subsidi fixed rate, yaitu 5 persen hingga masa pinjaman selesai atau paling lama 20 tahun.

Selain bunga tetap, KPR Subsidi dari BRI juga bebas biaya PPN dan cicilan per bulannya udah termasuk asuransi lho!

6. Kredit Usaha Mikro (KUR) BRI

Kredit Usaha Rakyat atau KUR BRI pastinya sudah tidak asing bagi kalian para nasabah BRI khususnya untuk pelaku usaha mikro, kecil dan UMKM. Untuk kredit yang satu ini Bank BRI menerapkan bunga efektif sebesar 6% per tahun dan bunga 0,41% flat per bulan.

Limit pinjaman untuk KUR TKI sebesar 25 juta, KUR Mikro sebesar Rp 50.000.000 dan KUR Kecil Ritel hingga 500 juta dengan tenor fleksibel mulai dari 4-5 tahun.

7. Briguna Umum

Briguna Umum
Foto: Facebook/BANK BRI

Selain Briguna Karya dan Briguna Purna, BRI juga menyediakan pinjaman lainnya yang diberi nama Briguna Umum.

Pinjaman ini diberikan kepada calon debitur yang memiliki gaji tetap, terhitung sejak ia menjadi pegawai aktif hingga pensiun.

Keuntungan:

  • Proses cepat dan persyaratan mudah.
  • Suku bunga kompetitif dan biaya pengajuan rendah.
  • Cicilan ringan dan tetap.
  • Limit kredit tidak terbatas.
  • Dilengkapi asuransi jiwa hingga Rp500 juta dan dicover jika debitur meninggal dunia.
  • Jangka waktu pinjaman hingga 15 tahun.

8. KPR Sejahtera BRI

Kredit pemilikan hunian untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan total penghasilan keluarga (suami+istri) maksimal Rp 8 juta per bulan.

Jangka waktu kredit maksimum 20 (dua puluh) tahun dengan tetap mengacu kepada persyaratan pembatasan umur calon debitur. Suku bunga 5% pa fixed selama jangka waktu kredit. Bebas biaya PPN dan premi asuransi.

Rumah pertama atau belum memiliki rumah sebelumnya dan belum pernah menerima subsidi perumahan. Tidak boleh dijual/disewakan/dikontrakkan selama 5 tahun pertama.

9. KKB Mobil Bekas dan Baru

KKB BRI adalah jenis pinjaman Bank BRI untuk pembelian kendaraan bermotor. Nah, jenis KKB mobil bekas dan baru ini disesuaikan dengan mobil yang ingin kamu beli.

Salah satu keunggulan KKB mobil bekas dan baru BRI ini adalah bebas biaya provisi. Selain itu, pengajuannya hanya untuk WNI yang cakap hukum.

Dengan uang muka (DP) 25 persen, kamu bisa mendapatkan pinjaman untuk kredit BRI khusus mobil semua merek dan tipe. Namun, perlu dicatat bahwa tempo cicilan hanya 6 tahun untuk mobil baru dan 4 tahun untuk mobil bekas.

10. Kredit Modal Kerja

Fasilitas kredit untuk membiayai operasional usaha termasuk kebutuhan untuk pengadaan bahan baku, proses produksi, piutang dan persediaan. Dengan suku bunga pinjaman sebesar 6% dan memiliki limit pinjaman hingga Rp50 juta.

Bisa dikatakan, bila ingin mendapatkan pinjaman jenis ini, kamu membutuhkan modal lebih untuk kegiatan operasional usaha.

Mencari pinjaman yang sesuai dengan keperluan Anda bisa menjadi tugas yang menantang, namun dengan pilihan pinjaman yang ditawarkan oleh Bank BRI, Anda dapat menemukan solusi finansial yang tepat.

Dari pinjaman jangka pendek untuk kebutuhan mendesak hingga solusi kredit jangka panjang untuk investasi atau pengembangan usaha, Bank BRI menyediakan berbagai alternatif yang bisa disesuaikan dengan situasi keuangan Anda.

Ingatlah selalu untuk mempertimbangkan kemampuan pembayaran Anda dan membaca syarat serta ketentuan dengan teliti sebelum mengambil keputusan.

Dengan pemilihan yang tepat dan perencanaan keuangan yang matang, pinjaman dari Bank BRI dapat membantu Anda mencapai tujuan finansial Anda dengan lebih mudah dan aman.