Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Travel

Karacak Valley, Wisata Alam dengan Panorama Hutan Pinus Memukau di Garut

26
×

Karacak Valley, Wisata Alam dengan Panorama Hutan Pinus Memukau di Garut

Share this article
Karacak Valley, Wisata Alam dengan Panorama Hutan Pinus Memukau di Garut
Karacak Valley, Wisata Alam dengan Panorama Hutan Pinus Memukau di Garut

Nikmati keindahan alam dan kesejukan hutan pinus yang menakjubkan di Karacak Valley, yang merupakan destinasi wisata yang kaya pesona di Garut.

Wisata alam di tanah kota Intan, Garut, memang tidak bisa dianggap enteng. Hamparan gunung dan area hijau membuat banyak sekali lokasi wisata alam menjadi tujuan liburan penghilang penat.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Sebut saja Karacak Valley, sebuah area wisata di hutan pinus dan perkebunan kopi. Lokasi alam segar dan cantiknya menjadi sebuah nilai plus tersendiri.

Daya Tarik yang Dimiliki Karacak Valley

Daya Tarik yang Dimiliki Karacak Valley
Foto: Twitter/Zia

1. Trekking Di Area Hutan Bak Film Hollywood

Sudah jelas, salah satu daya tarik dari wisata alam adalah area yang masih segar terjaga. Lokasi lembah Karacak sendiri masih ada di bawah kawasan perhutani, yang kemudian dikelola oleh lembaga masyarakat desa Hutan Jaya Mandiri.

Alhasil, wilayahnya masih asri dan alami dengan sentuhan fasilitas yang cukup memadai. Di saat touchdown atau sampai di lokasi, Anda akan disuguhi jalur trekking atau pendakian di antara tingginya pohon pinus yang berjajar.

Area trek ini masih cukup alami dengan tangga tanah dan kayu, yang membuat suasana pendakian lebih menantang. Banyak yang mengatakan bahwa area trekking ini mengingatkan akan background film Twilight.

2. Curug Atau Air Terjun Tersembunyi

Di balik area segar dan alami hutan pinus, lembah ini juga menyembunyikan area rupawan berupa air terjun Curug Ngebul.

Namanya sendiri cukup unik, belum lagi keindahan alam yang masih perawan. Air terjunnya masih jernih dan segar. Meski tak begitu besar, namun cukup menjadi area cantik dan tujuan seru selama berkunjung.

3. Kesegaran Hutan Pinus Yang Masih Asri

Kesegaran hutan pinus dan area yang masih begitu asri menjadi daya tarik tersendiri. Di tengah hiruk pikuk kota Garut, lembah ini adalah permata tersembunyi yang murah meriah dan ramah lingkungan.

Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu, dan tiket camping seharga mulai dari Rp 15 ribuan saja.

Lokasinya masih sangat segar dan terjaga, mengingat area hutan pinus masih ada di bawah naungan Perhutani. Menariknya, area perhutani ini sebenarnya mencapai 92 hektar.

Namun hanya 10 hektar saja yang dimanfaatkan untuk kepentingan wisata lembah Karacak Garut ini. Alhasil, area hutan cantik pun semakin memesona dengan sentuhan fasilitas pariwisata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi dari lembah Karacak ini adalah di Kampung Pakuwon, kecamatan Garut kota. Meski berada di sekitar gunung dan hutan, tapi lokasi tepatnya masih dekat dengan pusat kota Garut. Bahkan tidak terlalu jauh dari Alun Alun Garut.

Karena itulah, rute dan jalur untuk mencapai lokasi pun cenderung cukup mudah untuk dicapai.  Yang paling direkomendasikan adalah mengendarai kendaraan pribadi. Anda bisa meluncur dari Jalan Bratayudha dan Menuju Jalan Margawati.

Ikuti jalan atau tanya warga sekitar untuk mencapai area. Jika naik kendaraan umum, pilih angkot 01 dengan tujuan terminal Guntur Sukaregang. Bisa juga naik angkot No. 02 dari Guntur ke Sukadana. Berhenti di Margawati dan lanjut naik ojek.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan
Foto: Google Maps/Liswanti Pertiwi

1. Berkemah Di Area Wisata Karacak Valley

Kegiatan utama yang jadi idola adalah camping. Terdapat spot khusus untuk bermalam, yang mana sudah dilengkapi dengan fasilitas dasar untuk perkemahan.

Kebutuhan kemah pun sudah banyak tersedia, mulai dari persewaan tenda hingga area yang aman. Cukup siapkan perlengkapan kemah, baju hangat, dan fisik.

Di lokasi yang tak jauh dari jantung kota ini, Anda dapat menikmati sebuah pesona baru. Di saat hari mulai petang, hawa dingin menemani keindahan langit penuh bintang.

Gemerlap lampu kota pun menambah suasana tenang dan asri. Tak heran jika lokasi ini cukup jadi idola selain gunung Cikuray dan Gunung papandayan.

2. Berfoto Di Lahan Hijau Dan Spot Foto Instagenic

Tidak lengkap jika mampir ke area wisata tanpa berfoto. Di area hutan pinus ini, sudah terdapat beberapa area populer untuk berfoto.

Mulai dari latar belakang pohon pinus yang tinggi, hamparan area hijau, air terjun perawan yang masih alami, hingga beberapa fasilitas seperti hammock untuk pose cantik. Dengan teknik dan lokasi yang tepat, jepretan foto pun akan tampil maksimal.

3. Relaksasi Dengan Trekking Dan Menikmati Hutan Pinus

Menghilangkan penat di wisata alam menjadi suatu aktivitas yang cukup diminati akhir akhir ini. Apalagi setelah dibukanya lokasi wisata paska pandemi.

Anda dapat berkunjung ke Lembah Karacak untuk bersantai di hutan pinus yang dingin, trekking di jalur pendakian alami, atau sekedar menyegarkan mata dengan hijaunya alam Garut.

4. Bermain Air Di Curug Ngebul

Jika Anda memiliki waktu dan mampu berjalan cukup jauh dari pintu masuk area wisata ini, maka sempatkan untuk mampir ke curug Ngebul.

Jaraknya kurang lebih sekitar 20-30 menit jalan kaki menyusuri jalur trekking sepanjang 1 Km. Setelah sampai Anda bisa menikmati segarnya air terjun, bermain di kolam penampungan dangkal, dan berfoto seru.

Fasilitas Wisata yang tersedia

Untuk sebuah lokasi wisata alam, maka tidak banyak wahana keren yang bisa ditemukan. Namun setidaknya fasilitas umum untuk kebutuhan kamar mandi, beribadah, makan dan minum sudah tersedia.

Terdapat pula lokasi gazebo dan spot foto cantik. Bahkan, ada juga persewaan tenda untuk bermalam mulai dari harga Rp 50.000 untuk tenda kecil berkapasitas 4-6 orang.

Bermain ke area taman alami tentu menjadi suatu hiburan menarik di tengah penat dan hiruk pikuknya kota Garut. Lembah ini pun semakin dipercantik dengan sentuhan wisata kekinian seperti spot foto dan area camping seru. Tak ayal, pamor dan pesonanya pun semakin berkumandang di kota Intan. Jadi jangan lewatkan lokasi berlibur tersebut.