Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Strategi Bisnis

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol, Panduan untuk Pebisnis Pemula

42
×

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol, Panduan untuk Pebisnis Pemula

Share this article
Cara Memulai Bisnis Online dari Nol, Panduan untuk Pebisnis Pemula

Memasuki dunia bisnis online bisa menjadi langkah besar, terutama bagi Anda yang baru memulainya dari nol.

Di era digital saat ini, peluang untuk sukses dalam bisnis online sangatlah luas, tetapi memahami cara memulai adalah kunci utama.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Artikel ini dirancang sebagai panduan komprehensif untuk para pebisnis pemula yang ingin memasuki dunia bisnis online.

Dari memilih niche yang tepat, membangun website, hingga strategi pemasaran digital, kami akan membahas langkah demi langkah yang perlu Anda lakukan.

Dengan informasi yang tepat dan sikap yang gigih, Anda akan siap untuk menjadikan ide bisnis online Anda menjadi kenyataan.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

Sebenarnya panduan bisnis online tidak ada yang mutlak. Terkadang cara berbisnis online satu dengan lainnya berbeda. Tetapi sebagai pemula, Anda bisa mengikuti panduan bisnis online dari kami. Simak cara memulai bisnis online dari nol berikut ini.

1. Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Langkah pertama sebelum kamu memulai bisnis online shop, kamu perlu menentukan terlebih dahulu produk apa yang ingin kamu jual kepada pelanggan, sebelum akhirnya membangun bisnis online. Kamu bisa temukan produk yang memiliki potensi penjualan sehingga kamu perlu lakukan riset yang mendalam.

Umumnya pada tahap yang pertama ini terasa sulit, karena kamu diharuskan untuk menyusun strategi bisnis, konsep usaha dan ide, hingga mencari supplier. Oleh karena itu, butuh waktu yang cukup lama dan menguras tenaga.

2. Jalankan Riset Pasar

Jalankan Riset Pasar
Foto: Unsplash/Campaign Creators

Setelah mencari tahu hal yang dibutuhkan pasar, cara memulai bisnis online selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Riset pasar dilakukan untuk mengetahui permintaan pasar atau data secara obyektif. Dengan demikian, informasi tersebut mampu menjadi pertimbangan Anda dalam mengambil keputusan.

Anda bisa memulai riset pasar dengan mencari produk/jasa yang sedang tren di masyarakat melalui media sosial. Selanjutnya, Anda bisa mencocokkan informasi tersebut dengan data di internet.

Agar lebih mudah, gunakan Google Trends untuk melihat statistik data dari produk/jasa yang tengah tren tersebut. Sebab biasanya data statistik di Google Trends menunjukkan seberapa sering pengguna mencari kata kunci tersebut di mesin pencarian.

3. Lakukan Analisis Kompetitor

Cara berbisnis online bagi pemula selanjutnya, kenali siapa saja kompetitor, yaitu bisnis sejenis dengan produk yang sama atau mirip denganmu. Melakukan analisa kompetitor penting karena kamu bisa mengetahui strategi dan potensi bisnis kamu ke depannya.

Kamu bisa memulainya dengan mengecek website atau akun media sosial mereka dan menilai bagaimana mereka menempatkan diri di hadapan konsumen. Melansir Hubspot, ada tiga jenis kelompok kompetitor:

  • Kompetitor Langsung: Memiliki jenis bisnis, produk, dan target yang sama dengan bisnismu.
  • Kompetitor Tidak Langsung: Menawarkan produk yang sama namun dengan target pasar yang berbeda.
  • Kompetitor Pengganti: Umumnya menargetkan pasar yang sama seperti bisnismu, hanya saja mereka menjual produk alternatif dari bisnismu. Contohnya restoran dan coffee shop yang terletak berdekatan bisa menjadi kompetitor pengganti.

4. Mulai dari Berjualan di E-commerce

Saat ini pebisnis tidak perlu merasa kesulitan jika ingin memulai bisnis online shop mereka. Sebab, bisa mulai dari berjualan di e-commerce seperti marketplace ataupun memasang produk di website e-commerce.

Kebanyakan pebisnis pemula akan menjual produk mereka di marketplace, karena tidak membutuhkan biaya yang besar. Tinggal masukkan foto produk, deskripsi, harga produk, sampai penempatan kategori bisa dilakukan secara mudah.

Hanya saja, biasanya mereka akan membuka banyak toko di seluruh marketplace yang ada untuk menggaet konsumen. Tapi ada satu hal yang mungkin sering dilupakan ketika sudah menjalankan bisnis, yaitu kemudahan dalam pengelolaan operasional bisnis apalagi kalau kamu punya banyak toko online.

Mulai dari upload produk, atur stok barang, laporan penjualan, dan lainnya, pastinya akan menguras waktu dan tenaga. Tenang aja, karena sekarang kamu udah bisa mengurus semuanya hanya melalui satu dashboard menggunakan sistem omnichannel.

5. Bangun Reputasi Bisnis

Sebelum calon pembeli membeli suatu produk, biasanya mereka akan mencari informasi dari internet untuk menemukan online shop yang dipilih untuk bertransaksi. Apakah toko dapat dipercaya atau tidak, lalu produk yang dibuat punya kualitas yang bagus atau tidak.

Oleh sebab itu, penting untuk kamu membangun reputasi bisnis online dari awal. Cara yang paling mudah, kamu bisa membuat akun media sosial brand dan mengisinya dengan konten yang menarik dalam bentuk foto, video, infografis, dan lainnya untuk promosi produk.

6. Buat Website Toko Online

Identitas bisnismu tidak akan lengkap tanpa adanya website yang menjadi salah satu platform memulai bisnis online paling efektif. Disebut paling efektif, karena kamu dapat memanfaatkan website untuk berbagai hal. Contohnya seperti penjelasan berikut:

  • Membuat Katalog Online: Manfaatkan website bisnis untuk menampilkan katalog online yang sekaligus mengarahkan pengunjung ke pembelian.
  • Menjadikan Toko Semakin Fleksibel: Toko kamu tidak lagi terbatas oleh jam kerja, karena kini pengunjung dapat melakukan pembelian kapanpun dari website.
  • Membuat Email Profesional: Email dengan akhiran nama domain, misalnya email “[email protected]”. Selain terlihat lebih profesional, kamu juga bisa membuat email newsletter untuk menginformasikan promo atau produk baru dari toko kamu.
  • Menciptakan Brand Image: Website dapat dengan bebas kamu akses untuk menciptakan brand image. Sebab, tampilan website dapat kamu ubah sesuai yang diinginkan.
  • Memasarkan Bisnis Secara Global: Bisnis online yang dimiliki punya peluang untuk muncul di Google Search dan dikenal secara global.

Oleh karena itu, saran untuk memiliki website sendiri atau toko cukup pantas untuk kamu pertimbangkan.

7. Mulai Lakukan Promosi Produk

Mulai Lakukan Promosi Produk
Foto: Unsplash/Jason Goodman

Pasca penentuan model bisnis dan media pemasarannya, Anda bisa melakukan proses promosi. Banyak sekali metode promosi dalam bisnis yang dapat dilakukan baik berbayar atau gratis. Mulai dari strategi organik, SEM, SEO, hingga Social Media Ads.

Bila produk Anda dipasarkan melalui website, maka strategi SEO, SEM, Google My Business, hingga Google Ads dapat dioptimalkan. Tetapi, jika produk Anda hanya dipromosikan lewat sosial media saja, Anda bisa memaksimalkan konten promosi, pemanfaatan copywriting, iklan Ads hingga strategi lain seperti giveaway, paid promote, dan sebagainya.

8. Perhatikan Regulasi saat Berbisnis

Tips memulai bisnis online selanjutnya, penting untuk kamu mematuhi regulasi atau peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah apalagi jika kamu ingin memperluas jangkauan pasar. Mulai dari mengurus izin edar, lisensi, atau standarisasi lainnya jika ingin menjual produk secara online sehingga penjualannya aman dan pelanggan percaya terhadap brand kamu.

9. Jaga Loyalitas Pelanggan

Ketika promosi Anda berhasil memenangkan konsumen, cara memulai bisnis online patut diperhatikan adalah mempertahankan pelanggan setia. Disamping terus mencari konsumen baru, Anda juga harus merawat pelanggan setia agar bertahan dan tetap puas.

Banyak cara dapat dilakukan untuk meningkatkan hubungan bisnis Anda dengan pelanggan. Beberapa cara berbisnis online guna mempertahankan relasi dengan konsumen misalnya memberikan diskon, menawarkan harga promo, bertanya kabar, hingga pemberian bonus tak terduga.

10. Lakukan Evaluasi Secara Rutin

Terakhir, cara memulai bisnis online dari nol adalah melakukan evaluasi secara rutin. Sebuah bisnis pasti ada pasang surutnya. Jangan sampai Anda terlena setelah bisnis berkembang dan untung banyak. Anda tetap harus terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas bisnis agar usaha terus establish.

Belajar bisnis online juga harus dilakukan secara berkelanjutan bagi pemilik usaha, agar tetap bisa mengembangkan usahanya dan tidak ketinggalan tren.

Memulai bisnis online dari nol memang bukan perjalanan yang mudah, tetapi dengan panduan yang tepat dan dedikasi yang kuat, jalan menuju sukses terbuka lebar.

Kami telah membahas aspek-aspek kunci dari memilih niche yang tepat, membuat konten yang menarik, hingga strategi pemasaran yang efektif.

Ingatlah bahwa kesuksesan dalam bisnis online tidak terjadi dalam semalam; dibutuhkan waktu, usaha, dan pembelajaran berkelanjutan.

Dengan menerapkan tips dan strategi yang telah kami ulas, Anda akan memiliki fondasi yang kuat untuk membangun dan mengembangkan bisnis online Anda.

Semangat dan keberanian untuk memulai adalah langkah pertama menuju kesuksesan Anda sebagai pebisnis online. Selamat berbisnis dan semoga sukses!