Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Strategi Bisnis

Cara Menghindari Ancaman Keamanan dalam Bisnis Anda

56
×

Cara Menghindari Ancaman Keamanan dalam Bisnis Anda

Share this article
Cara Menghindari Ancaman Keamanan dalam Bisnis Anda

Sebagian besar bisnis menggunakan internet dalam operasi mereka karena menawarkan banyak manfaat, tetapi juga meningkatkan risiko ancaman keamanan dan penipuan. Selama periode saat ini, tidak ada bisnis yang aman dari pelanggaran keamanan seperti peretasan, penipuan, dan serangan dunia maya lainnya. Terlepas dari pelanggaran data, ancaman keamanan umum lainnya yang dihadapi oleh bisnis termasuk pencurian dan kerugian finansial yang disebabkan oleh berbagai faktor fisik. Baca terus untuk mengetahui cara menghindari ancaman keamanan umum dalam bisnis Anda.

Cadangkan Data

Ada banyak penipuan dan ancaman keamanan lainnya di luar sana, dan orang-orang selalu menargetkan bisnis, jadi Anda perlu mencadangkan data Anda secara teratur. Anda mungkin kehilangan data sebagai akibat dari insiden cyber atau masalah komputer lainnya, tetapi jika Anda memiliki cadangan, Anda dapat dengan mudah memulihkan informasi penting tentang bisnis, karyawan, dan pelanggan Anda. Adalah bijaksana untuk mencadangkan data Anda melalui solusi penyimpanan cloud karena ini adalah salah satu metode penyimpanan data yang paling aman. Atau, Anda juga dapat menggunakan media yang dapat dipindahkan seperti hard drive eksternal atau memory stick untuk mencadangkan informasi Anda.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Amankan Jaringan dan Perangkat Anda

Bisnis Anda dapat mengalami beberapa tantangan terkait TI seperti malfungsi email, masalah pengguna, kegagalan sistem, jaringan lambat, virus, dan ancaman keamanan. Jika Anda tidak memiliki keahlian dalam menangani beberapa masalah ini, penting untuk meminta layanan spesialis dukungan TI saat Anda berkonsentrasi pada bisnis inti Anda. Anda perlu menginstal perangkat lunak keamanan yang mencakup anti-spyware, filter anti-spam, dan opsi anti-virus. Virus dan malware dapat menginfeksi perangkat seluler dan komputer Anda dan itu dapat menyebabkan hilangnya data.

Enkripsi Informasi Penting

Anda harus mengenkripsi data yang disimpan atau dikirim secara online untuk mengurangi risiko perusakan atau pencurian. Kemudian, hanya orang yang berwenang yang dapat mengakses informasi yang Anda kirimkan kepada mereka. Cara efektif lainnya untuk melindungi data Anda jika Anda beroperasi secara online adalah dengan membuat kata sandi yang kuat untuk mengamankan semua akun Anda, termasuk email. Pertimbangkan untuk memperbarui kata sandi Anda secara teratur dan hindari menggunakan kata sandi yang sama untuk akun yang berbeda. Proses otentikasi dua faktor dapat membantu mengamankan akun bisnis Anda. Sulit bagi orang yang tidak berwenang untuk menebak kata sandi akun Anda jika itu kuat.

Memantau Penggunaan Sistem Komputer

Bila Anda memiliki akun dengan hak administratif, Anda harus membatasi penggunaannya karena karyawan bertanggung jawab untuk melakukan beragam pelanggaran data. Anda juga harus memantau penggunaan sistem komputer di perusahaan Anda dan mencatat semua perangkat lunak dan peralatan yang digunakan bisnis Anda. Sistem harus aman sehingga pengguna yang tidak berwenang tidak dapat mengakses database perusahaan. Memory stick dapat mentransfer virus secara tidak sengaja antar mesin, jadi Anda harus menginstal perangkat lunak antivirus di setiap perangkat yang digunakan dalam pengoperasian bisnis Anda.

Latih Karyawan Anda

Sistem keamanan bisnis Anda dapat ditingkatkan dengan kualitas pengetahuan yang dimiliki karyawan Anda terhadap langkah-langkah keamanan yang berbeda. Beberapa aktivitas membentuk operasi organisasi, sehingga karyawan harus tahu bagaimana menangani elemen keamanan yang berbeda. Sangat penting untuk menawarkan program pelatihan yang dirancang untuk membekali karyawan Anda dengan praktik terbaik yang dapat membantu mereka menjaga data penting perusahaan.