Pantai Sendang Biru, Pesona Pantai Indah Nan Eksotis di Malang

Pantai Sendang Biru, Pesona Pantai Indah Nan Eksotis di Malang

Kota Malang, kota besar di Jawa Timur yang dikenal akan rana wisata yang seakan tidak ada batasnya. Dari atas gunung, wisata alam, buatan, hingga pesisir pantainya, jangan heran jika selalu ada opsinya. Termasuk di area Malang Selatan, yang punya deretan pantai cantik. Seperti si Pantai Sendang Biru yang jadi tujuan untuk bermain air atau berburu hasil laut segar. Tertarik untuk mampir?

Promo Lazada Terbaru

Daya Tarik Pantai Sendang Biru

1. Pemandangan Alam Laut Selatan Malang Yang Indah

Keindahan alam di pantai Selatan Jawa memang tidak ada bandingnya. Terutama luasnya lautan biru, tebing, dan hamparan pasir putih yang menghias mata. Di pantai ini sendiri, perawatan pantai sudah cukup baik. Sehingga lebih aman dan juga bersih untuk para pelancong menikmati keindahan alamnya.

2. Lokasi Belanja Tangkapan Laut Segar

Satu hal yang cukup menarik perhatian dari para pelancong di Kota Malang adalah lokasi pantai yang menjadi target belanja tangkapan laut segar. Meski ada banyak pantai di jalur lintas selatan, namun di pantai ini Anda akan menemukan berbagai jenis tangkapan ikan langsung dari nelayan. Jenisnya beragam, mulai dari ikan, udang, kepiting, dan lain sebagainya.

3. Ombak Dan Pantai Yang Tenang

Tak hanya lokasi yang justru menjadi tujuan belanja tangkapan laut, Pantai Selatan ini juga dikenal akan ombak yang tenang. Bisa dikatakan cukup berbeda dengan deretan pantai lain yang memiliki ombak besar dan berbahaya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ternyata jawabannya ada pada lokasi pulau Sempu.

Pantai Sempu terletak di lepas pantainya. Yang mana menjadi tameng alami untuk area pantai cantik ini. Pulau Sempu membelah ombak ganas dari bagian Samudera Hindia, yang kemudian memberikan bibir pantai dengan ombak tenang. Tak heran jika Sendang Biru menjadi pilihan untuk berlibur bersama keluarga.

Alamat dan Rute

Pantai Selatan semakin ramai karena adanya jalur lintas selatan yang semakin mulus. Jalur ini menghubungkan beberapa pantai sekitar, yang mana punya keindahan masing masing. Jika Anda tertarik, lokasi pantai ini ada di Sendang Biru, Tambakrejo di Sumbermanjing. Untuk mencapai lokasi dari pusat kota Malang, setidaknya akan memakan waktu dua jam.

Jaraknya kurang lebih 70 km yang mana sudah didukung akses jalan yang nyaman dan aman. Biasanya, rute terbaik dari kota Malang adalah menuju Turen, Sumbermanjing, kemudian mengikuti jalan ke persimpangan Sendang Biru, dan ikuti petunjuk. Lokasi pantai pun sudah tersedia di Peta, jadi Anda bisa dengan mudah melakukan perjalanan pribadi.

Promo Shopee Terbaru

Aktivitas Seru di Pantai Sendang Biru

1. Memancing Dan Berbelanja Ikan Segar

Memang benar Pantai dengan pasir putih ini jadi lokasi ideal untuk belanja ikan segar. Namun, Anda juga punya kesempatan untuk memancing sendiri. Ya, ada banyak perahu nelayan yang siap menyediakan perjalanan ke lokasi terbaik untuk memancing. Anda dapat menyewa perahu untuk memancing secara langsung.

Menariknya, hasil tangkapan memancing pun bisa dibawa pulang secara langsung. Yang perlu dibayarkan adalah persewaan perahu atau alat pancing. Jika Anda punya pancingan, bawa saja untuk menghemat biaya. Merasa tidak mampu memancing? Jangan khawatir, ada pasar yang siap jadi tujuan untuk belanja tangkapan ikan segar.

2. Bermain Air Dan Berenang

Karena pantai selatan ini punya ombak yang cukup anteng, alias tenang, maka cocok untuk bermain air. Hal ini juga menjadi alasan Sendang Biru cukup populer untuk para pelancong di kota Malang. Hamparan pantai putih yang luas, lautan biru yang seakan tidak ada habisnya, dan ombak yang relatif tenang membantu menghilangkan penat.

Air lautnya jernih dan cocok untuk berenang, bermain air, hingga snorkeling untuk melihat langsung keindahan panorama bahari. Lelah bermain dengan air, Anda bisa menikmati segarnya angin laut, berjemur, atau bermain dengan pasir putih yang bersih. Namun perlu diingat, meski ombaknya tenang, pastikan untuk tetap menjaga diri selama bermain di pantai.

3. Menyewa Kapal untuk Melihat keindahan Pulau Sempu

Pantai ini juga menjadi titik start untuk berkeliling Pulau Sempu. Pulau ini sebenarnya adalah area terlindungi, yang mana menjadi ekosistem alami dari beberapa binatang dan alam natural. Untuk berkeliling, Anda perlu menyewa kapal dengan harga mulai dari RP 100 ribuan. Namun sayangnya, Pulau Sempu kini tidak lagi boleh dikunjungi oleh wisatawan.

4. Berkeliling Dengan Perahu Wisata

Meski tidak bisa berkunjung ke Pulau Sempu, namun pantai ini dikenal punya pemandangan yang luar biasa indah. Anda bisa menyewa kapal untuk berkeliling kawasan pantai, melihat keindahan pulau Sempu, memancing, atau snorkeling. Opsi perahunya pun tersedia untuk jenis perahu motor atau perahu dayung dengan harga mulai dari Rp 50 ribuan.

5. Melihat Pesta Adat

Jika Anda beruntung atau berkunjung di bulan September, siap siaplah untuk menyaksikan pesta adat di Pantai ini. Pesta yang dimaksud adalah Pesta Pelik Laut yang berlangsung selama satu pekan. Di pesta ini, warga sekitar akan menghanyutkan tumpeng raksasa berisi makanan tangkapan laut. Tujuannya adalah untuk mengucapkan syukur dan membuang sial.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas penunjang kebutuhan pariwisata di Pantai Sendang Biru bisa dikatakan cukup mumpuni. Kebutuhan lahan parkir, kamar mandi, tempat beribadah, penginapan, rumah makan, dan pasar oleh oleh pun sudah tersedia. Jadi Anda tidak akan merugi saat mampir ke pantai cantik di tanah selatan Malang tersebut.

Sebagai salah satu lokasi wisata pantai di Malang, jangan kaget dengan keramaian dan popularitas Sendang Biru. Lokasi ini cukup dikenal tak hanya karena daya tarik alam, namun juga karena kemudahan akses dan fasilitas yang sudah menunjang. Bahkan ramai jadi tempat membeli ikan segar dan titik awal untuk melihat keindahan pulau Sempu. Jangan lewatkan waktu Anda berkunjung!