Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Destinasi

Pantai Tiga Warna, Menikmati Sensasi Snorkling & Diving di Malang

82
×

Pantai Tiga Warna, Menikmati Sensasi Snorkling & Diving di Malang

Share this article
Pantai Tiga Warna, Menikmati Sensasi Snorkling & Diving di Malang

Malang bagian selatan dikenal dengan beberapa wisata alam dan pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Tiga Warna. Pantai yang memiliki keindahan menakjubkan ini masih berada di kawasan CMC (Clungup Mangrove Conservation). Didukung dengan pemandangan, daya tarik wisata, serta fasilitas yang mendukung, pantai ini bisa menjadi tujuan utama liburan.

Ulasan Singkat

Seperti namanya, pantai yang berada di dalam kawasan konservasi bakau ini memiliki pesona yang menakjubkan. Bagaimana tidak? Pantai ini memiliki gradasi warna air laut yang cantik. Perpaduan air laut yang berwarna biru, toska, dan hijau di sepanjang garis pantai membuat pemandangan indah yang tidak perlu diragukan.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Apalagi, pasir pantai yang yang lembut dan bersih seakan mengundang pengunjung untuk bermain di atasnya. Suara deburan ombak dan jernihnya air laut menambah kesan segar yang menenangkan. Selain itu, lingkungan dari pantai ini masih sangat bersih karena berada di kawasan konservasi mangrove yang terawat.

Lokasi dan Rute Perjalanan

Lokasi dari pantai ini ada di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Jika ditempuh dari pusat kota, memakan waktu sekitar dua jam. Walaupun begitu, perjalanan yang lama tersebut akan terbayar dengan keindahan alam dan juga daya tarik wisata yang ada di pantai ini. Apalagi, dalam rute perjalanan, akan melewati beberapa pantai yang tidak kalah indahnya.

Lebih lanjut, karena pantai ini berada di kawasan CMC (Clungup Mangrove Conservation), maka rute menuju pantai dari area parkir mobil cukup menarik. Pengunjung akan melewati hutan mangrove dan beberapa pantai yang tidak kalah cantik, bisa dengan berjalan kaki atau naik ojek karena jaraknya yang cukup jauh.

Daya Tarik Wisata

1. Pemandangan Alam Menakjubkan

Pemandangan yang disajikan oleh Pantai Tiga Warna ini sangat memanjakan mata. Gradasi warna dari air laut di tepi pantai sangat cantik, apalagi dengan pasir pantai yang bersih dan lembut. Pengunjung bisa berenang atau bermain di sepanjang garis pantai tersebut. Atau bisa juga duduk dan menikmati pemandangan alam yang masih asri.

2. Snorkeling dan Diving

Hal yang menarik dari pantai ini yaitu tempat satu-satunya di Malang untuk snorkeling. Pengunjung bisa menyewa peralatan snorkeling di pos penyewaan, lalu akan diajak ke titik yang pas untuk menikmati keindahan biota laut di sana. Selain itu, bagi yang sudah berpengalaman, bisa mencoba untuk diving di pantai ini. Dijamin pengalaman liburan akan semakin tidak terlupakan.

2. Spot Foto Estetik

Sama halnya seperti tempat wisata kekinian lainnya, pantai ini juga memiliki spot foto yang estetik. Selain pemandangan pantai dan alam sekitar yang bagus untuk latar mengambil foto, di sini ada pula bukit yang di atasnya ada dek kayu yang langsung menghadap ke pantai. Tempat ini sangat cocok untuk mengambil foto berlatar pemandangan yang cantik.

3. Gazebo

Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pantai dan alam sekitar yang masih asri dan terawat di gazebo yang sudah disediakan. Karena dikelilingi oleh pepohonan, gazebo bisa menjadi tempat yang cocok untuk duduk santai dan beristirahat setelah bermain di tepi pantai. Berbincang dan menikmati kudapan juga pasti menjadi lebih menyenangkan di tempat ini.

Fasilitas

1. Kamar Mandi

Fasilitas umum seperti kamar mandi juga disediakan untuk pengunjung. Setelah selesai berenang, snorkeling, ataupun diving di Pantai Tiga Warna, mereka bisa membilas diri di kamar mandi yang ada. Selain itu, ada pula tempat berganti baju. Dengan begitu, tidak perlu takut pulang dengan baju yang basah akibat bermain di pantai.

2. Area Parkir

Bagi pengunjung yang membawa mobil, mereka bisa memarkirkan mobil di area yang sudah disediakan. Mobil hanya bisa masuk sampai dengan pos satu saja, lalu bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki atau naik ojek untuk sampai pantai. Sedangkan pengunjung dengan motor bisa melanjutkan perjalanan hingga dekat pantai. Hal ini karena pantai yang masuk dalam kawasan konservasi.

3. Pos Penyewaan

Ada pula fasilitas penyewaan alat-alat untuk snorkeling dan diving untuk pengunjung. Mereka bisa menyewa alat-alat tersebut di pos penyewaan dekat pantai. Jelajahi keindahan biota laut yang ada di pantai ini dengan melakukan snorkeling atau diving. Dijamin mata akan dimanjakan dengan keindahan yang tidak terlupakan.

4. Warung Makan

Di pantai ini juga ada warung-warung makan yang menyediakan berbagai menu makanan. Pengunjung yang sudah selesai berenang atau bermain di pantai bisa menyantap hidangan di sini. Ditambah dengan pemandangan pantai dan alam sekitar yang asri, sensasi menyantap hidangan pasti akan lebih menggugah selera.

5. Penginapan

Pengunjung bisa menemukan penginapan atau homestay di sepanjang rute perjalanan menuju kawasan konservasi CMC ini. Mereka yang merasa terlalu lelah atau larut untuk meneruskan perjalanan pulang, bisa mencoba untuk menginap di tempat-tempat tersebut. Tentu saja dengan tarif sewa yang terjangkau dan fasilitas yang memadai.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Pantai Tiga Warna ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Namun, ada peraturan khusus untuk jumlah pengunjung yang bisa masuk ke kawasan konservasi ini. Dalam satu waktu, pengunjung dibatasi hanya 200 orang saja. Mereka akan diberikan waktu selama dua jam untuk mengeksplor wisata pantai tersebut. Hal ini untuk menjaga kebersihan dan keasrian kawasan ini.

Untuk harga tiket dari pantai ini sebesar Rp. 10.000 saja per orang. Namun, untuk menuju pantai, perlu didampingi seorang guide. Jasa guide ini dipatok Rp. 100.000 untuk 10 orang, yang harus direservasi sebelumnya dengan uang muka setengahnya. Walaupun begitu, pengunjung tidak akan kecewa karena akan diajak ke pantai yang menakjubkan.