Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Peluang Bisnis

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Secara Finansial Sebelum Memulai Bisnis

33
×

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Secara Finansial Sebelum Memulai Bisnis

Share this article
4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Secara Finansial Sebelum Memulai Bisnis

Sebuah bisnis tidak akan berjalan dengan lancar tanpa manajemen anggaran dan keuangan yang tepat. Anda harus terus mengikuti strategi pembiayaan terbaik untuk menjaga bisnis Anda tetap utuh dan bertahan saat menghadapi tantangan yang berbeda. Sebelum Anda memulai bisnis, penting untuk melihat hal-hal penting yang perlu dipertimbangkan secara finansial, yang akan dibahas di bawah ini.

1. Konsultasi dengan Ahli Keuangan

Bahkan jika Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang keuangan dan akuntansi, adalah langkah cerdas untuk bekerja dengan seorang ahli untuk menghindari kesalahan mahal karena keputusan bisnis yang buruk. Pertimbangkan untuk berolahraga jika seorang CFO dapat membantu Anda secara finansial saat memulai bisnis. Chief financial officer atau CFO adalah pejabat eksekutif yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menerapkan strategi manajemen keuangan organisasi yang efektif.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

2. Biaya yang Diproyeksikan

Salah satu pertimbangan keuangan penting saat memulai bisnis adalah proyeksi pengeluaran Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mempersiapkan anggaran dan rencana bisnis Anda.

3. Opsi Pembiayaan Bisnis

Meskipun Anda dapat menggunakan tabungan atau uang pribadi Anda untuk membiayai bisnis Anda, satu hal yang perlu dipertimbangkan secara finansial adalah bahwa Anda mungkin merasa tidak cukup untuk menutupi operasi bisnis Anda selama bulan-bulan kritis pertama. Itulah mengapa Anda harus mengetahui berbagai opsi pembiayaan untuk bisnis Anda.

4. Menggunakan Software Manajemen Keuangan

Tingkatkan bisnis kecil Anda menggunakan alat manajemen keuangan. Perusahaan yang sukses menggunakan perangkat lunak manajemen keuangan untuk melacak semua data keuangan. Meskipun opsi pembiayaan ini mungkin tidak sesuai dengan anggaran Anda, Anda dapat menggunakan alat online gratis untuk mengelola keuangan Anda, seperti Google Spreadsheet. Setelah Anda membangun bisnis Anda, Anda dapat sepenuhnya berinvestasi dalam perangkat lunak manajemen keuangan untuk mendapatkan manfaat penuh dari otomatisasi.