Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Destinasi

Puncak Kosakora, Menikmati Keindahan Alam Indah dari Ketinggian di Gunung Kidul

77
×

Puncak Kosakora, Menikmati Keindahan Alam Indah dari Ketinggian di Gunung Kidul

Share this article
Puncak Kosakora, Menikmati Keindahan Alam Indah dari Ketinggian di Gunung Kidul

Gunung Kidul di Yogyakarta adalah salah satu objek wisata yang memang tidak pernah ada habisnya untuk dikunjungi. Banyak lokasi wisata yang dijamin akan membuat anda betah berkunjung, salah satunya adalah Puncak Kosakora. Loaksi dengan latar pemandangan yang indah ini punya banyak daya tarik, yuk lihat sekilas pembahasannya dibawah ini.

Daya Tarik Kosakora

1. Menikmati Pemandangan Pantai Ngrumput

Banyak daya tarik wisata yang bisa anda nikmati di lokasi wisata yang sedang populer ini. Salah satu yang paling banyak diminati pengunjung adalah pemandangan pantai Ngrumput. Pantai ini terletak tidak jauh dari puncak bukit Kosakora sehingga bila anda berkunjung ke lokasi wisata ini akan bisa melihatnya dari atas bukit.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Pemandangan pantai yang bisa anda saksikan dari atas bukit ini tentu akan berbeda bila anda memandanganya secara langsung. Anda akan bisa melihat landscape bibir pantai secara utuh dengan hamparan lautan yang lebih cantik bila dipandang dari atas bukit. Terlebih dengan pemandangan sunset dan sunrise yang cantik bila dipandang dari atas bukit.

2. Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Salah satu hal yang menjadi daya tarik lokasi wisata puncak bukit Kosakora ini adalah latar pemandangan alam yang menakjubkan. Lokasi wisata ini memang menjadi tujuan pengunjung yang ingin merasakan healing dengan berada lebih dekat dengan alam secara langsung. Sehingga pilihan puncak bukit Kosakora ini akan tepat untuk liburan seru.

Banyak fotografer professional yang menggunakan latar pemandangan di lokasi wisata ini menjadi objek foto. Foto yang estetik dengan latar pegunugan dan hamparan pepohonan hijau ini akan menjadi salah satu daya tarik lokasi ini. Bila anda berkunjung ke Yogyakarta maka lokasi wisata puncak bukit Kosakora harus masuk ke dalam list perjalanan anda.

3. Pemandangan Sunset dan Sunrise yang Mempesona

Bila berkunjung ke perbukitan atau pegunungan, maka hal yang paling menarik untuk dilihat adalah pemandangan sunset dan sunrise. Pemandangan matahari terbit dan matahari tenggelam di puncak bukit Kosakora ini juga menjadi salah satu objek yang dicari. Sehingga tidak jarang pengunjung memilih untuk camping di lokasi wisata ini.

Pengunjung juga diperbolehkan untuk mendirikan tenda atau camping di lokasi puncak Kosakora ini. Namun untuk peralatan baik tenda hingga makanan dan minuman harus dibawa secara pribadi. Sehingga pihak pengelola lokasi wisata ini tidak menyediakan kebutugan peralatan anda yang ingin melakukan camping.

Fasilitas Kosakora

Lokasi wisata terkenal di Gunung Kidul ini memang menyediakan banyak hal menarik untuk pengunjung. Tidak hanya panorama pemandangan alam yang cantik dan mempesona, namun pengunjung juga bisa melakukan banyak aktifitas lainnya yang tidak kalah seru seperti hunting foto hingga piknik bersama teman dan keluarga.

Namun sayangnya bila anda memutuskan untuk berkunjung kesini, maka harus membawa bekal baik makanan dan minuman hingga peralatan sendiri. Lokasi wisata ini baru saja dibuka sehingga tidak banyak fasilitas yang disediakan. Namun untuk fasilitas umum seperti toilet, lahan parkir, dan warung makanan kecil akan tersedia.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Kosakora

Untuk harga tiket masuk ke lokasi wisata ini juga tergolong murah dan sangat terkangkau. Untuk bisa masuk ke puncak bukit Kosakora, anda hanya akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5 ribu saja per orangnya. Sedangkan untuk biaya parkirnya juga masih murah yaitu sekitar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Satu lagi hal yang menarik dari lokasi wisata ini adalah jam bukanya yang hingga 24 jam. Jam buka puncak bukit Kosakora ini memang lebih fleksibel karena juga digunakan untuk lokasi camping. Sehingga banyak pengunjung yang datang malam hari untuk membuat tenda dan ingin mendapatkan pemandangan sunrise di pagi hari nantinya.

Akses dan Rute Kosakora

Bila anda ingin menuju lokasi wisata puncak bukit Kosakora ini, maka jangan khawatir tentang kases jalannnya. Akses jalanan dan akomodasi lainnya kearah lokasi wisata ini sudah baik untuk dilalui berbagai jenis kendaraan. Namun kendaraan akan berada di lokasi parkir kemudian anda akan berjalan menyusuri ladang milik penduduk untuk sampai ke lokasi.

Perjalanan dengan jalan kaki ini akan cukup terjal dengan medan yang berbatu. Saat melewati jalan setapak yang menuju lokasi wisata, anda juga harus lebih berhati hati agar tidak merusak ladang milik penduduk sekitar. Lokasi wisata ini akan mudah juga ditemukan dengan menggunakan aplikasi Google Maps bila anda masih bingung.

Tips Wisata Kosakora

Sebelum berkunjung ke puncak bukit Kosakora, maka sebaiknya anda mempertimbangkan kondisi Kesehatan terlebih dahulu. Hal ini karena lokasi wisata ini terletak di ketinggan dengan tingkat udara yang berbeda. Sehingga akan disarankan untuk anda melakukan persiapan seperti membawa baju hangat dan perlengkapan lainnya yang melindungi.

Bila anda ingin berpiknik bersama teman atau keluarga, maka anda juga bisa membawa bekal sendiri. Anda bisa datang ke puncak Kosakora bersama rombongan sehingga bisa lebih aman untuk keselamatan anda. Selain itu hal yang tidak kalah penting adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan dan meninggalkan sampah di lokasi wisata ya.

Itulah sekilas tentang objek wisata Kosakora yang bisa anda ketahui. Objek wisata yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta ini memang menjaid populer saat ini dan bisa jadi lokasi wisata yang tepat untuk liburan bersama keluarga. Latar pemandangannya yang mempesona akan membuat anda betah berlama lama disini, yuk masukkan Kosakora ke list perjalanan anda.