Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Destinasi

Sumber Jenon, Pesona Pemandian Alami yang Super Jernih di Malang

74
×

Sumber Jenon, Pesona Pemandian Alami yang Super Jernih di Malang

Share this article
Sumber Jenon, Pesona Pemandian Alami yang Super Jernih di Malang

Berenang di kolam berkeramik memang sudah biasa. Namun, pernahkan anda berenang ke kolam alami atau natural? Anda bisa mendapatkan pengalaman berenang yang berbeda dari sebelumnya di Sumber Jenon. Tempat yang dulunya menjadi tempat pemandian warga, kini menjadi lokasi wisata yang menyimpan berbagai daya tarik sebagai berikut.

Daya Tarik dari Wisata Alam Jenon

1. Tempat yang Sejuk dan Asri

Salah satu daya tarik dari wisata alam ini ialah kebersihannya yang terjaga dengan baik. Hal ini terbukti dengan adanya pepohonan yang rimbun di jalan menuju kolamnya. Kebersihannya terjaga karena sudah dikelola dengan baik oleh pihak pengelolanya. Tanaman di sekitarnya juga dibiarkan tumbuh lebat agar suasana sekitar kolam tetap sejuk dan segar.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Tidak sampai situ, anda juga akan dimanjakan oleh pemandangan alam lainnya yang tidak kalah memukau. Terlebih lagi, jika dilihat dengan baik-baik, anda akan menemui sebuah pemandian yang berada di tengah hutan. Hampir semua area sekitar kolamnya dipenuhi oleh pepohonan yang rimbun.

2. Kolam Air yang Biru

Daya tarik lainnya yang sangat kental dan melekat pada wisata alam ini ialah kolamnya yang dipenuhi oleh sumber air dalam dan jernih. Bahkan, saking jernihnya, anda dapat melihat apa saja yang ada di kolam ini. Anda akan menjumpai ikan-ikan yang berenang dan sebuah akar pepohonan besar di dasar kolam.

Selain keindahannya, anda juga dapat menceburkan diri ke kolam sumber air yang segar dan jernih. Bahkan, area yang lebih dangkal dan dalam bisa digunakan dengan aman. Sehingga, pengunjung tidak perlu khawatir saat berenang disini. Lokasi kolam ini berhadapan secara langsung dengan tulisan besar yaitu ‘Sumber Jenon’.

3. Tempat Bersantai yang Rileks

Wisata alam ini juga menyediakan tempat bersantai yang bisa dinikmati oleh para pengunjung nya. Area ini juga strategis karena berada di sekitaran kolam yang sudah disediakan tempat duduk dan meja kayu. Tentunya, bersantai di tepian kolam dan di bawah pohon yang rimbun akan menjadi pengalaman berwisata yang menarik.

4. Spot Foto yang Menarik

Meskipun dikenal sebagai tempat pemandian alam, sumber ini juga menyediakan tempat foto yang sangat unik dengan latar belakang berupa pemandangan kolam biru dan jernih. Bahkan, setiap spotnya bisa dijadikan sebagai tempat foto. Salah satu tempat foto yang dapat ditemukan dengan mudah yaitu gardu pandang berbentuk persegi di atas kolam terdalam.

Alamat dan Rute Menuju Wisata Alam Jenon

Wisata alam ini dikenal sebagai mata air spot terbaik yang selalu ramai akan pengunjung. Sebab, tempat ini memiliki daya tarik yang spesial dan tidak dimiliki oleh tempat wisata lainnya. Kini, anda tentunya tertarik mengunjungi lokasi ini. Dalam hal ini, sangat penting untuk mengetahui alamatnya. Pemandian Alam Jenon terletak di Gunungronggo, Kec. Tajinan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Jarak lokasi pemandian alam ini sekitar 18 kilometer dari pusat kota Malang yang memakan waktu tempuh kurang lebih dari 40 menit. Namun, jika dari kota Malang, anda perlu melewati Kampung Warna Warni. Untuk rute terbaik, anda bisa menggunakan petunjuk jalan dari arahan aplikasi Google Maps.

Kegiatan Menarik di Pemandian Alam Jenon

1. Mandi di Sumber Air Jenon

Berkunjung ke Sumber Air Jenon akan sia-sia tanpa mandi menikmati kesegaran kolamnya. Disini, anda bisa sambil menyewa ban untuk mendukung kegiatan berenang yang seru. Bagi yang tengah membawa si kecil, ada kolam kecil khusus anak kecil yang bisa digunakan. Kolam ini tentunya lebih dangkal dan aman bagi anak-anak.

Selain aman, orang tua pun lebih mudah mengawasi anak yang kurang mahir dalam berenang tanpa takut akan tenggelam. Dalam hal ini, kegiatan berwisata menjadi lebih seru karena anak-anak bisa sambil belajar berenang. Tentunya, pengalaman berwisata akan selalu teringat dan tidak terlupakan.

2. Berswafoto di Tengah Hijaunya Alam

Tidak afdol rasanya jika berlibur tanpa mengabadikan momen. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tempat ini menyediakan spot foto menarik berupa gardu panjang di atas kolam biru. Tentunya, liburan akan terasa berharga dan dikenang dengan adanya foto di atas kolam yang jernih.

3. Menyantap Kuliner

Pihak pengelola Sumber Air Jenon juga menyediakan tempat makan serta café untuk dinikmati oleh para pengunjungnya. Pengunjung bisa menjumpai berbagai makanan khas Malang dengan harga terjangkau. Makanan-makanan tersebut yakni nasi goreng, mendoan, dan mie rebus yang hangat dan cocok disantap sambil menikmati keindahan pemandangan alam.

Fasilitas di Sumber Air Jenon

Selain keindahan, pemandian air Jenon juga memberikan kenyaman bagi para wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Hal ini terbukti karena adanya fasilitas pendukung yang biasa digunakan dengan bebas oleh para wisatawan. Beberapa fasilitasnya yakni area parkir, gazebo, café, gardu pandang, wisata kuliner, kolam air, karaoke, sewa ban, tempat duduk apung, spot foto, dan masih banyak lainnya.

Salah satu fasilitas yang cukup penting yaitu Musholla. Selama berada disini, anda tidak perlu khawatir untuk menunaikan sholat bagi umat muslim. Sebab, anda bisa menggunakan fasilitas tempat ibadah yang tersedia. Kegiatan berwisata pun dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala. Fasilitas-fasilitas lain yang dapat ditemui ialah ruang ganti dan toilet.

Itulah sederet informasi mengenai Sumber Jenon mulai dari daya tarik, alamat dan rute, kegiatan, hingga fasilitas yang bisa digunakan. Hal ini penting diketahui sebelum berangkat berlibur. Sehingga, tempat ini bisa dijadikan sebagai pilihan berlibur yang tepat. Terlebih lagi, bagi yang memiliki hobi berenang, anda akan memperoleh nuansa berenang yang spesial dan berbeda dari sebelumnya.