Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Travel

Taman Buah Mekarsari, Destinasi Rekreasi Keluarga yang Menakjubkan di Bogor

33
×

Taman Buah Mekarsari, Destinasi Rekreasi Keluarga yang Menakjubkan di Bogor

Share this article
Taman Buah Mekarsari, Destinasi Rekreasi Keluarga yang Menakjubkan di Bogor
Taman Buah Mekarsari, Destinasi Rekreasi Keluarga yang Menakjubkan di Bogor

Jelajahi Taman Buah Mekarsari di Bogor, destinasi rekreasi keluarga yang ikonik dengan tema tumbuhan, menawarkan pengalaman edukatif yang menyenangkan.

Taman Buah Mekarsari Bogor merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga bertema tumbuhan yang ikonik. Dengan banyaknya tanaman yang beraneka ragam diantaranya adalah tanaman buah, sayuran, bunga, tanaman hias dan tanaman tropis lainnya, tidak salah jika dikatakan terlengkap bahkan terbesar di dunia.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Mekarsari merupakan tempat keanekaragaman hayati tropis dari seluruh Indonesia dibudidayakan dan dilindungi.

Daya Tarik Wisata Taman Mekarsari

Daya Tarik Wisata Taman Mekarsari
Foto: Twitter/Traveloka Indonesia

1. Keanekaragaman tumbuhan

Ada lebih dari 1000 spesies tanaman di Taman Mekarsari, termasuk aneka bunga, buah-buahan dan sayur-sayuran. Pengunjung dapat menikmati keindahan dan keharuman berbagai bunga.

2. Disk permainan

Taman buah mekarsari ini memiliki beberapa permainan seperti flying fox, pool dan ATV. Dengan ATV ride ini, Anda bisa menikmati sensasi permainan dan menikmati pemandangan alam yang indah.

3. Wisata edukasi

Taman Buah Mekarsari juga menyelenggarakan wisata edukasi yang mengajarkan tentang pertanian dan tanaman sehingga pengunjung dapat belajar tentang menanam dan merawat tanaman serta proses produksi pangan.

4. Spot Foto

Yang tak kalah menarik, Taman Buah Mekarsari memiliki banyak foto Instagram, seperti taman bunga, taman air, dan area penanaman. Pengunjung dapat mengambil foto-foto indah untuk diunggah ke media sosial.

5. Udara segar dan lingkungan hijau

Nah, Anda harus tahu bahwa taman ini memiliki udara segar dan lingkungan yang hijau. Jadi saat Anda berkunjung ke taman ini, Anda bisa bersantai dan menikmati suasana alam yang damai. Bagaimana menarik bukan?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Kebun buah di Mekarsari ini terletak di Jalan Raya Cimanggis No. 110, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Indonesia.

Jadi untuk menuju taman ini dari Jakarta atau Bandung, ambil tol Jakarta-Cikampek. Keluar dari Gerbang Tol Cibitung lalu belok kanan ke Jalan Raya Narogong.

Ikuti Jalan Raya Narogong hingga sampai di pertigaan Cilangkap. Belok kanan ke Jalan Raya Bogor dan ikuti Jalan Raya Bogor sampai perempatan Cimanggis. Belok kanan ke Jalan Raya Cimanggis. Ikuti Jalan Raya Cimanggis hingga sampai di Taman Mekarsari di kiri jalan.

Pengunjung juga dapat menggunakan transportasi umum seperti kereta api dan bus. Dari Stasiun Depok, pengunjung bisa naik angkutan kota (Angkot) jurusan Cimanggis dan keluar di depan Taman Buah Mekarsari. Selain itu, pengunjung dapat menggunakan ojek atau taksi listrik untuk mencapai Taman Buah Mekarsari.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Informasi biaya masuk dan jam buka Taman Wisata Mekarsari dapat dilihat di bawah ini. Dengan tiket masuk pada hari kerja (Senin-Jumat): Rp. 25.000 per orang di akhir pekan (Sabtu, Minggu, hari libur nasional): Rp. 35.000 per orang. Jam buka taman ini  setiap hari pukul 08:00-17:00 WIB

Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu, mohon cek informasi terbaru sebelum mengunjungi Taman Buah Mekarsari.

Pengunjung juga bisa membeli tiket secara online di website resmi Taman Wisata Mekarsari untuk menghindari antrean panjang di hari libur nasional atau akhir pekan.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan
Foto: Facebook/Urang Bogor

1. Nikmati putaran seru memetik buah

Salah satu kegiatan yang populer di kalangan banyak wisatawan di Taman Buah Mekarsari adalah memetik buah.

Pengunjung bisa mampir ke kebun pada tahap panen untuk memetik sendiri buah yang siap dipetik. Buah-buahan pilihan memiliki harga tertentu yang dapat dibeli dan dibawa pulang oleh pengunjung.

Taman Mekarsari ternyata termasuk salah satu pusat konservasi keanekaragaman hayati buah tropis terbesar yang ada di dunia.

Taman seluas 264 hektar ini tidak hanya menjadi pemandangan untuk dilihat, tetapi juga menjadi tempat belajar budidaya dan perbanyakan beberapa bibit tanaman buah unggulan dari berbagai daerah di tanah air.

Ada lebih dari 1.740 varietas pohon buah-buahan dengan total lebih dari 100.000 tanaman. Keberagaman inilah yang menjadi daya tarik Mekarsar dibandingkan dengan wisata kebun lainnya.

Anda tidak perlu khawatir lelah saat berjalan-jalan di Taman Mekarsari. Karena ada fasilitas khusus berupa kereta wisata yang dengannya Anda bisa berkeliling taman secara virtual.

Kereta berhenti di beberapa titik yaitu kebun buah-buahan dan danau wisata yang berada di tengah taman. Jangan lupa untuk menikmati keindahan taman buah ini sambil berfoto ria bareng keluarga di berbagai spot foto yang menarik.

2. Bermain

Anak-anak pasti akan senang ketika bisa menikmati berbagai permainan air di Mekarsar. Terdapat wahana water kingdom seluas 5,2 hektar dengan berbagai permainan menarik.

Salah satu yang paling istimewa adalah bumerang luncur (Sliding Boomerang) yang panjangnya 118 meter.

Selain itu, terdapat juga kolam berarus sepanjang 600 meter yang disebut Lazy River. Jika tidak ingin bermain di Water Kingdom, Anda juga bisa menikmati wahana air lainnya seperti mini water boat, sepeda air, bangku apung dan banana boat.

3. Olahraga

Berolahraga merupakan salah satu kegiatan di Taman Buah Mekarsari. Taman ini memiliki area yang sangat luas namun menawarkan pemandangan yang indah, membuat kegiatan olahraga di taman menjadi menyenangkan.

Pengunjung dapat memilih untuk jogging, bersepeda atau berjalan di kebun. Nah, selain kebun buah, tentunya pengunjung akan kembali sehat dari sini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Areal Taman Buah Mekarsari hampir lengkap. Semua kebutuhan mudah dijangkau, mulai dari tempat parkir yang sangat luas yang mampu menampung ribuan kendaraan.

Tersedia toilet, mushola, toko souvenir dan warung makan. ATM dan pembayaran nontunai tersedia di Taman Buah Mekarsari. Selain itu, fasilitas lainnya sangat baik.

Kegiatan liburan yang tak terlupakan tidak harus dilakukan dengan jalan-jalan ke tempat yang jauh. Anda dan keluarga bisa mengunjungi kebun buah Mekarsari yang terletak di dekat kabupaten Jabodetabek. Berlibur di Taman Buah Mekarsari menjadi pengalaman tak terlupakan bersama keluarga.