Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Travel

Taman Pintar Yogyakarta, Taman Favorit dengan Berbagai Wawasan

17
×

Taman Pintar Yogyakarta, Taman Favorit dengan Berbagai Wawasan

Share this article
Taman Pintar Yogyakarta, Taman Favorit dengan Berbagai Wawasan

Jogja merupakan daerah yang dipenuhi dengan destinasi wisata unik dan edukatif. Salah satunya yakni Taman Pintar Yogyakarta. Taman ini cocok dijadikan sebagai pilihan wisata terbaik dengan si kecil. Sebab, ia memiliki banyak daya tarik dan kegiatan menarik yang patut dicoba selama berlibur. Berikut apa saja informasi-informasi penting dan unik mengenai taman ini.

Daya Tarik yang Dimilikinya

1. Gedung Oval dengan Wawasan Sains

Daya tarik pertama dari Taman Pintar yaitu adanya gedung oval. Seperti namanya, gedung ini berbentuk oval yang sangat unik dan dibuat untuk menumbuhkan minat pengunjung terhadap pengetahuan sains, seperti biologi, fisika, geologi, dan astronomi. Pada sains fisika, gedung ini menyediakan alat peraga berupa generator pedal, terowongan ilusi dan faktor Van de Graff.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

2. Gedung Kotak dengan Wawasan Teknologi

Daya tarik berikutnya yang tidak kalah unik yaitu gedung kotak. Ukuran gedung ini lebih besar daripada gedung oval. Akan tetapi, fungsinya hampir sama seperti gedung oval. Perbedaannya hanya terletak pada sains yang disajikan pada gedung oval dimana memiliki sifat penerapan. Dalam artian, gedung kotak lebih berfokus pada teknologi dan berbeda dengan gedung oval yang berfokus pada sains.

3. Planetarium dengan Keindahan Galaksi

Selain gedung yang berisikan wawasan atau ilmu pengetahuan, Taman Pintar di Jogja juga menyediakan Planetarium dengan keistimewaan berupa penggunaan proyektor digital. Alat ini sangat berguna untuk memperagakan benda langit, seperti kota Jogja pada malam hari. Pertunjukan ini dilanjutkan dengan pemutaran film mengenai perjalanan manusia menuju Bulan.

4. Air Menari yang Indah dan Edukatif

Keunikan lain dari Taman Pintar Jogja yaitu air menari. Wahana ini menjadi tempat favorit anak-anak dalam bermain sekaligus belajar tentang intensitas tekanan air yang mampu membuat air agar menari. Selain itu, wisatawan juga dikenalkan dengan kecanggihan teknologi pada zaman Megalitikum di forum batu. Forum ini terbuat dari batu besar dan disusun seperti tempat diskusi.

5. Science Theater yang Seru

Wahana baru selanjutnya yang patut dicoba di Taman Pintar Jogja yaitu Science Theater. Wahana ini memberikan pengalaman seru mengelilingi miniature perairan dengan kapal mini. Sehingga, menciptakan nuansa belajar yang seru sambil bermain. Disini, anda dapat menikmati keseruan pemutaran film sains dan demo sains. Gedung audiovisual ini mampu menampung 60 orang.

6. Playground dengan Konsep Sains

Selain menikmati film sains, anda pun juga bisa belajar di Playground. Wahana ini menyediakan berbagai jenis permainan dengan konsep sains yang unik. Adapun berbagai permainan yang tersedia yakni permainan putaran, pipa bercerita, jungkat-jungkit, dinding berdendang, katrol, terowongan pohon, koridor air, air menari, forum batu, pembangkit listrik tenaga matahari, gong perdamaian, dan tapak prestasi.

Alamat dan Rute

Sebelum berangkat berwisata ke Taman Pintar Jogja, sangat perlu untuk mengetahui alamatnya terlebih dahulu. Alamat lokasi ini yaitu di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, DIY. Ada banyak rute yang digunakan agar sampai ke wisata tujuan. Hanya saja penggunaan rutenya bergantung pada dari arah mana anda berangkat dan kendaraan apa yang ditumpangi.

Dari arah Malioboro, jarak yang dibutuhkan agar sampai ke lokasi yakni sekitar 400 meter dan bisa dengan jalan kaki. Di sepanjang jalan, anda akan menemui berbagai macam hiburan yang dapat dinikmati. Rute ini banyak digunakan oleh para pengunjung karena terdapat bangunan bersejarah, yakni Benteng Vredeburg dan Titik Nol KM Jogja.

Tidak hanya ke taman edukasi, anda pun juga dapat mampir ke wisata bersejarah. Di sepanjang jalan, anda akan menemui banyaknya cinderamata, seperti souvenir dan lukisan yang bisa digunakan sebagai oleh-oleh. Dari Malioboro, anda akan bertemu perempatan lampu merah setelah Benteng Vredeburg.

Aktivitas Menarik di Taman Pintar Jogja

1. Menjelajahi Gedung Kotak dan Oval

Penjelajahan pertama yang dapat anda lakukan ketika berada di Taman Pintar Yogyakarta yaitu Gedung Oval. Saat memasukinya, anda akan disajikan berbagai peraga sains dan perbintangan yang lengkap. Setelah itu, anda dapat melanjutkannya dengan menjelajahi gedung kotak untuk menikmati pengalaman belajar perbintangan dan teknologi.

2. Berjalan-jalan di Zona Paud dan Planetarium

Bagi pengunjung yang mengajak sang buah hati yang berusia 2 hingga 7 tahun, maka zona paud ialah lokasi yang tepat. Objek ini memiliki gedung paud barat dan paud timur. Disinilah si kecil akan belajar menggunakan alat peraga dan konsep bermain yang unik. Planetarium huga bisa dikunjungi untuk melihat simulasi suasana langit dengan proyektor digital.

Fasilitas-Fasilitas di Taman Pintar Jogja

Objek wisata ini telah dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan para pengunjung. Hal ini terbukti dengan adanya area parkir yang luas, mushola dan toilet yang nyaman digunakan. Mulai dari ATM center, foodcourt, hingga ruang kesehatan pun bisa ditemukan dan digunakan dengan bebas. Tidak heran jika para pengunjung taman ini merasa puas akan fasilitasnya yang memadai.

Terlebih lagi, taman wisata dan edukatif ini adalah salah satu tempat wisata yang ramah difabel. Sebab, ia telah disediakan lift khusus bagi penyandang difabel. Jika sekolah anda ingin mengadakan kegiatan belajar atau study tour di lokasi ini, ada beberapa space yang bisa disewakan yaitu Exhibition Hall.

Itulah sekilas informasi mengenai Taman Pintar Yogyakarta mulai dari daya tarik, alamat dan rute, kegiatan, hingga fasilitas. Hal ini penting diketahui sebagai bahan referensi pilihan tempat wisata. Apalagi, berwisata ke taman ini sudah menjadi hal yang wajib bagi para pengunjung selama di Yogyakarta. Sebab, ada berbagai wahana edukatif yang membuat liburan menjadi menyenangkan sambil menambah wawasan.