Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Pinjaman

Cara Pengajuan Pinjaman di PNM Mekaar Plus dan Pribadi

11
×

Cara Pengajuan Pinjaman di PNM Mekaar Plus dan Pribadi

Share this article
Cara Pengajuan Pinjaman di PNM Mekaar Plus dan Pribadi

Dalam upaya meningkatkan akses ke layanan keuangan bagi masyarakat, program PNM Mekaar Plus dan Pribadi menawarkan opsi pinjaman yang praktis dan mudah diakses.

Bagi banyak individu, terutama pelaku usaha kecil dan mikro, pemahaman tentang cara pengajuan pinjaman ini dapat membuka peluang untuk pengembangan bisnis dan kebutuhan pribadi.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Artikel ini dirancang untuk memberikan panduan langkah demi langkah tentang proses pengajuan pinjaman di PNM Mekaar Plus dan Pribadi.

Dari syarat awal, prosedur aplikasi, hingga tips untuk meningkatkan peluang persetujuan pinjaman, kami akan memberikan informasi yang mendetail dan mudah diikuti untuk membantu Anda mengakses fasilitas pinjaman ini dengan lebih efektif.

Tentang Pinjaman PNM Mekaar Plus

Dalam menjalankan bisnis kecil dan mikro, banyak masyarakat Indonesia yang merasakan tantangan dalam hal permodalan.

Untuk membantu situasi ini, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) hadir dengan program PNM Mekaar Plus, sebuah fasilitas permodalan berbasis cicilan/kredit yang ditujukan bagi para pelaku usaha mikro.

Mekaar adalah singkatan dari “Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera”. Program PNM Mekaar Plus fokus pada para perempuan prasejahtera yang bergerak di ranah usaha ultra mikro namun terbentur masalah modal untuk mengembangkan usaha mereka.

Melalui program ini, perempuan yang berusaha akan mendapatkan akses lebih mudah terhadap modal yang dibutuhkan untuk memajukan bisnis mereka.

Pinjaman awal dari PNM Mekaar sebesar Rp 2 juta, namun seiring berjalannya waktu, jumlah pinjaman bisa bertambah hingga Rp 5 juta.

Serupa dengan pinjaman PNM ULAMM, pengajuan kredit mengharuskan pemenuhan syarat yang ditetapkan oleh PNM Mekaar serta kewajiban dan aturan yang harus dipatuhi oleh nasabah.

Syarat Pengajuan Pinjaman PNM Mekaar Plus

Syarat Pengajuan Pinjaman PNM Mekaar Plus
Foto: Facebook/Ditektip Conan

Meski menawarkan jenis pinjaman dengan bunga yang bersaing, PNM Mekaar Plus memiliki syarat-syarat khusus yang perlu dipenuhi.

Beberapa persyaratan penting untuk pinjaman terbaru PNM Mekaar adalah:

  • Berstatus perempuan prasejahtera yang aktif dalam usaha mikro.
  • Usia antara 18 hingga 55 tahun.
  • Telah memiliki modal kerja.
  • Memiliki e-KTP dan fotokopi identitas diri.
  • Anggota dari kelompok minimal 10 orang dengan seorang ketua.
  • Menyertakan surat atau dokumen agunan.
  • Bersedia melakukan simpanan rutin untuk membayar angsuran bagi seluruh anggota kelompok.

Pinjaman ini diperuntukkan bagi kelompok usaha, sehingga pengumpulan informasi dan persyaratan dari anggota kelompok usaha menjadi hal yang penting. Struktur anggota kelompok, termasuk adanya ketua kelompok usaha, juga perlu diperhatikan.

Meskipun tidak membutuhkan jaminan fisik, kesadaran dan disiplin dalam pembayaran angsuran menjadi aspek yang penting bagi semua anggota kelompok.

Bunga Pinjaman PNM Mekaar Plus

Meski menawarkan kesempatan akses modal, bunga pinjaman di PNM Mekaar Plus tergolong tinggi. Oleh karena itu, sebelum mengajukan pinjaman, baiknya kamu dan kelompok usaha pertimbangkan kembali hal ini.

Untuk mengetahui dengan pasti besaran bunga pinjaman, kamu bisa mengunjungi kantor PNM Mekaar terdekat. Disana, kamu bisa berkonsultasi secara langsung dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai bunga pinjaman yang ditawarkan.

PNM Mekaar menawarkan limit pinjaman mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 5 juta untuk pinjaman biasa. Sedangkan untuk PNM Mekaar Plus, syarat pinjaman dimulai dari Rp 15 juta hingga Rp 25 juta, sesuai dengan limit yang ditetapkan.

Manfaat Pinjaman PNM Mekaar Plus

Manfaat Pinjaman PNM Mekaar Plus
Foto: Facebook/Permodalan Nasional Madani

Setelah merinci tentang syarat-syarat, bunga, biaya angsuran, serta komitmen yang dipegang oleh nasabah, sekarang waktunya untuk membahas segala kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari pinjaman PNM Mekaar. Apa saja keuntungannya?

  • Syarat Pinjaman Mudah Dipenuhi: PNM Mekaar memberikan kemudahan dalam pemenuhan syarat, memudahkan akses bagi pelaku usaha.
  • Tanggung Renteng: Adanya tanggung jawab yang harus dipatuhi secara konsisten oleh nasabah.
  • Cicilan Setiap Minggu: Dengan siklus pembayaran mingguan, mempermudah manajemen keuangan.
  • Tanpa Agunan atau Jaminan: Memberikan akses pinjaman tanpa harus memberikan jaminan fisik.
  • Bimbingan Usaha Langsung: Dukungan langsung dalam mengelola usaha, membantu memajukan bisnis.
  • Pengelolaan Keuangan Lebih Baik: Memiliki peluang untuk meningkatkan pengelolaan keuangan demi mencapai tujuan dan kesejahteraan keluarga.
  • Mendorong Kebiasaan Menabung: Memupuk kebiasaan menabung demi stabilitas keuangan yang lebih baik.
  • Penyediaan Pinjaman Syariah: Menyediakan akses ke pinjaman syariah, sesuai dengan prinsip keuangan yang diinginkan.
  • Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan: Mendukung pengembangan bisnis melalui peningkatan kompetensi.

Namun, keuntungan tidak berhenti di situ. Aktivitas dan kedisiplinan sebagai nasabah membuka kesempatan mendapatkan lebih banyak lagi.

Sebagai contoh, pada tahun 2022, hanya nasabah aktif PNM Mekaar Plus yang memenuhi syarat dan mematuhi komitmen 5 janji di atas yang memperoleh bantuan BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro) senilai 2,4 juta. Sungguh menguntungkan, bukan?

Menavigasi proses pengajuan pinjaman di PNM Mekaar Plus dan Pribadi memang memerlukan pemahaman yang baik tentang syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dengan informasi yang telah kami sajikan, harapannya Anda kini lebih siap untuk mengambil langkah dalam mengakses dana pinjaman yang dapat mendukung kebutuhan pribadi atau bisnis Anda.

Ingatlah bahwa kesuksesan dalam mendapatkan pinjaman tidak hanya tergantung pada pemenuhan syarat formal, tetapi juga pada perencanaan finansial yang matang dan realistis.

Kami berharap panduan ini membantu Anda dalam mempersiapkan aplikasi pinjaman Anda dengan lebih baik, sehingga membuka lebih banyak kesempatan untuk pertumbuhan dan kesuksesan finansial di masa depan.