Scroll untuk baca artikel
Shopee 12 12
Peluang Bisnis

11 Ide Bisnis Online untuk Pemula yang Menjanjikan dan Paling Cuan

38
×

11 Ide Bisnis Online untuk Pemula yang Menjanjikan dan Paling Cuan

Share this article
11 Ide Bisnis Online untuk Pemula yang Menjanjikan dan Paling Cuan

Di era digital yang terus berkembang, peluang untuk memulai bisnis online semakin terbuka lebar. Bagi Anda yang baru memulai, terdapat berbagai ide bisnis online yang menjanjikan dan dapat memberikan keuntungan atau ‘cuan’ yang signifikan.

Dari menjual produk unik hingga menyediakan layanan digital, peluangnya tidak terbatas. Artikel ini akan membahas beberapa ide bisnis online yang ideal untuk pemula, yang tidak hanya mudah untuk dijalankan tetapi juga memiliki potensi pertumbuhan yang besar.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Mari kita jelajahi peluang-peluang tersebut dan temukan jalur yang paling sesuai untuk Anda memulai perjalanan bisnis online Anda.

11 Ide Bisnis Online untuk Pemula

Memulai bisnis online yang sukses memang membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Namun, kalau Anda tahu ide usaha seperti apa yang sesuai dengan skill dan minat, peluang untuk sukses sudah pasti akan terbuka lebar dan Anda pun bisa menjalankan bisnis tanpa terpaksa.

Untuk pemula, Anda bisa mencoba ide bisnis online yang menguntungkan berikut ini:

1. Membuka Toko Online

Ide bisnis online untuk pemula pertama yang layak untuk kamu coba adalah dengan membuka toko online. Berbeda dengan toko offline yang harus memiliki toko fisik, untuk membuka toko online hanya dibutuhkan internet saja.

Sudah ada banyak sekali platform e-commerce yang dapat kamu manfaatkan untuk membuka toko online. Di luar negeri seperti Amerika Serikat ada Amazon dan Wish yang sangat terkenal, lalu di China pun ada Alibaba yang jangkauan pasarnya sudah mendunia. Untuk Indonesia sendiri, ada berbagai platform yang dapat digunakan seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan masih banyak lagi.

Barang yang diperdagangkan di dalam toko online tersebut pun dapat beragam, mulai dari barang baru seperti produk kerajinan tangan hingga barang bekas milik pribadi yang sudah tidak terpakai. Kamu hanya perlu mengetahui platform e-commerce mana saja yang cocok untuk menjual setiap barang tersebut.

Sebagai contoh, Shopee lebih banyak digunakan untuk memperdagangkan produk-produk fashion dan sejenisnya. Sedangkan Tokopedia lebih banyak digunakan untuk memperdagangkan produk-produk elektronik seperti handphone, laptop, dan lain sebagainya. Lakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memutuskan ingin menggunakan platform e-commerce yang mana.

2. Membuka Kursus Online

Nah, apabila sobat OCBC NISP memiliki keahlian tertentu, maka hal tersebut bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan.

Bagaimana caranya? Cara bisnis online tanpa menyiapkan modal satu ini cukup mudah. Anda hanya perlu memasang poster secara online berisikan informasi mengenai jasa yang hendak ditawarkan.

Contohnya yaitu, jika Anda seorang guru Bahasa Inggris, maka buka saja pelatihan Bahasa Inggris secara online. Tetapkan durasi kursus dan harga yang sesuai hingga promo menarik agar mampu menarik minat pelanggan.

3. Jadi Content Creator

Jadi Content Creator
Foto: Unsplash/Malte Helmhold

Kini, menjadi content creator memang menjanjikan keuntungan yang sungguh menggiurkan. Apalagi di dunia yang hampir semuanya bisa diakses secara online seperti sekarang ini, bisa dibilang semua orang suka konten.

Platform seperti TikTok dan Instagram menyediakan ruang yang mudah bagi siapa pun untuk berbagi ide konten dalam video, audio, atau visual yang menarik.

Jumlah pengguna yang terus bertambah di platform-platform online tersebut tidak hanya menghadirkan ruang bagi Anda untuk mengekspresikan diri, tapi juga menawarkan peluang potensial untuk mendapatkan penghasilan.

Untuk menjadi content creator, cobalah berbagai jenis konten. Misalnya, Anda bisa membuat video reaksi, tutorial, atau sekadar berbagi pengalaman sehari-hari. Tetapkan target yang jelas, misalnya mendapatkan 10.000 followers dan 3 video FYP dalam sebulan.

Dengan menetapkan tujuan ini, Anda akan membuka peluang untuk mendapatkan partner endorsement atau afiliasi, yang bisa dimanfaatkan untuk mulai menghasilkan uang. Selain itu, cobalah platform lain seperti Twitter (X), Facebook, atau Pinterest.

Ingat, konsistensi adalah kunci. Jadi, sebisa mungkin Anda harus rutin membuat konten dan mempostingnya di berbagai platform. Pastikan juga untuk membuat konten yang berpotensi dibagikan oleh banyak orang dengan melihat tren yang sedang naik di setiap platform.

4. Dropship

Jika ingin membuka toko online tetapi tidak memiliki produk yang dapat dijual, maka kamu dapat memulai bisnis dropship saja. Berbeda dengan toko online yang harus berurusan dengan pengadaan dan pengelolaan barang, bisnis dropshipping hanya membutuhkan kesediaan kamu untuk membuat situs e-commerce saja.

Dalam bisnis dropship, kamu hanya perlu bekerja sama dengan pemasok dari produk yang ingin dijual. Bahkan, produk tersebut dapat kamu ganti namanya dengan brand milik sendiri. Namun pastikan bahwa kamu dan pemasok sudah melakukan kesepakatan akan hal tersebut, ya.

Bisnis dropship ini bahkan tidak memerlukan modal sepeser pun, hanya laptop dan akses internet saja. Selain tidak membutuhkan modal, kamu juga bisa menghemat biaya lain seperti penyediaan gudang, perawatan barang, dan lain sebagainya. Benar-benar dapat dilakukan sepenuhnya dari rumah.

Cara kerjanya juga mudah, jika ada pelanggan yang berminat untuk membeli sebuah produk, mereka hanya perlu mentransfer uang pembelian ke dropshipper. Kemudian, dropshipper akan meneruskan uang pembelian (yang telah dipotong dari keuntungan dropshipper) beserta informasi kontak pembeli kepada pemasok. Terakhir, pemasok akan mengirimkan produk tersebut ke alamat pembeli. Sangat mudah bukan?

5. Membuka Jasa Penerjemah

Selain membuka kursus online, keahlian berbahasa asing juga bisa dimanfaatkan untuk menambah pemasukan dengan membuka jasa penerjemah.

Usaha sampingan tanpa modal berikut tentunya laris di pasaran, terutama kalangan mahasiswa. Sebab mahasiswa umumnya akan menggunakan jasa penerjemah untuk menerjemahkan jurnal-jurnal bahasa asing ke Bahasa Indonesia maupun sebaliknya.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasarkan jasa ini melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

6. Jualan Foto di Internet

Para fotografer stock photo memproduksi gambar dengan lisensi untuk berbagai tujuan. Sebagai contoh, beberapa perusahaan terkadang membutuhkan foto stok untuk kampanye pemasaran agar konten mereka lebih menarik.

Nah, Anda bisa memanfaatkan ide usaha online ini dengan menjual foto stok. Untuk memulai, dapatkan kamera dan peralatan pencahayaan yang bagus. Lakukan riset untuk menemukan tren foto saat ini dan optimalkan gambar Anda dengan kata kunci yang relevan.

Saran kami, sebaiknya Anda fokus pada niche tertentu untuk memperkuat branding dan ciri khas sesuai keahlian Anda. Contohnya adalah Tania Cervian, yang berfokus untuk memproduksi dan memamerkan potret kreatif minimalisnya.

Tempat jual foto online seperti Shutterstock dan Getty Images bisa dicoba untuk membangun portofolio apabila Anda masih pemula. Atau, buat website fotografi sendiri untuk memamerkan karya Anda dan menjualnya sendiri tanpa terikat royalti.

7. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu ide bisnis online untuk pemula yang baru-baru ini sedang menjadi tren. Cara kerjanya hampir mirip dengan dropshipper, tetapi elemen yang ditonjolkan adalah kamu seolah-olah menjadi micro-influencer dari produk yang akan dipromosikan tersebut.

Setelah mempromosikan suatu produk, kinerja dari kamu akan dihitung sesuai dengan berapa banyak produk tersebut yang terjual dari promosi yang telah dilakukan. Setelah itu, perusahaan terkait akan memberikan komisi sesuai target produk yang dihasilkan. Komisi itu sendiri tergantung pada kesepakatan antara kamu dengan pihak penjual produk. Menarik bukan?

8. Menjadi Blogger

Ide usaha online tanpa modal yang selanjutnya adalah menjadi blogger. Siapa sangka dengan rutin menulis sesuatu di blog bisa menghasilkan cuan? Yup, Anda bisa menuangkan ide-ide menarik hingga memberi review terhadap suatu produk untuk menarik minat pembaca.

Semakin banyak pengunjung yang membaca tulisan Anda di blog, maka semakin tinggi pula penghasilan yang bisa didapatkan. Darimanakah penghasilan tersebut diperoleh? Tentunya dari adsense. Jadi, jangan lupa mengaktifkan fitur tersebut, ya!

9. Menyediakan Layanan Transkripsi

Menyediakan Layanan Transkripsi
Foto: Unsplash/Carlos Muza

Untuk menjalankan ide usaha online yang mudah dimulai ini, Anda perlu melakukan transkripsi file audio menjadi dokumen teks.

Selain kecepatan dan akurasi ketikan, niche atau topik juga bisa memengaruhi pendapatan Anda. Jasa transkripsi medis umumnya mendapatkan bayaran tertinggi, rata-rata Rp370.000/jam.

Apabila ingin menetapkan tarif per jam yang lebih tinggi, Anda harus benar-benar memahami industri yang dipilih.

Jangan lupa, lakukan latihan mengetik secara rutin guna meningkatkan kecepatan dan akurasi Anda. Setelah itu, coba temukan pekerjaan transkripsi di beberapa platform freelance seperti Upwork, atau cek Rev dan TranscribeMe.

10. Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Website telah menjadi bagian penting bagi sebuah bisnis di tengah pertumbuhan teknologi. Tidak hanya perusahaan, banyak orang atau pribadi yang membutuhkan website sebagai CV online atau portfolio.

Oleh karena itu jasa pembuatan website adalah ide bisnis online untuk pemula yang menguntungkan. Jasa pembuatan website ini juga dapat kamu gabungkan dengan jasa desain website.

Buat kamu yang tidak punya pengalaman atau kemampuan membuat website tidak perlu khawatir. Kamu dapat menemukan tutorial serta materi-materi pembelajaran dengan mudah di website. Jika memiliki uang, kamu bisa mengikuti kursus atau bootcamp yang dapat mengasah kemampuan kamu dengan baik dalam waktu yang relatif singkat.

11. Menjual Pakaian Thrift Shop

Bagi Anda yang mencari ide bisnis online untuk pemula, cobalah menjual pakaian second secara online untuk mendapatkan cuan. Cari supplier thrift shop dengan kualitas barang yang baik di wilayah Anda, atau beli dari grup jual-beli barang bekas online.

Ingat, Anda perlu cermat saat memilih pakaian bekas yang akan dijual. Sebab, kalau beruntung, Anda bisa mendapatkan brand terkenal yang dijual murah. Pastikan juga untuk mencucinya sampai bersih dan wangi sebelum menjualnya.

Setelah itu, tentukan harga yang masuk akal dan sebaiknya tidak lebih mahal daripada pakaian baru yang serupa. Atau, Anda bisa menjahit ulang dan memodifikasi pakaian yang kurang bagus untuk menciptakan model baru dan menjualnya dengan harga yang lebih bersaing.

Sebagai contoh, YouTuber fashion bestdressed merombak pakaian bekasnya dan menjualnya di pasar fashion Depop.

Memulai bisnis online sebagai pemula bisa menjadi tantangan, tetapi dengan ide-ide yang tepat dan eksekusi yang konsisten, kesuksesan pasti dapat diraih.

Dari e-commerce hingga pemasaran afiliasi, pilihan bisnis online yang telah kita bahas memberikan peluang besar bagi pemula untuk berkembang dan menghasilkan keuntungan.

Ingatlah bahwa kunci sukses adalah kesabaran, pembelajaran berkelanjutan, dan adaptasi dengan tren pasar. Dengan tekad dan strategi yang tepat, bisnis online Anda tidak hanya akan bertahan tapi juga berkembang.

Semoga perjalanan bisnis online Anda penuh dengan pencapaian yang memuaskan dan ‘cuan’ yang berlimpah!